Sensus Penduduk Langsung Segera Dimulai, Ribuan Petugas Turun Tangan

Sensus Penduduk secara langsung dimulai pada Selasa (1/9) besok. Pelaksanaan Sensus Penduduk secara langsung di Jakarta Utara melibatkan ribuan Petugas Sensus (PS) yang memverifikasi data kepada setiap rumah tangga.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jakarta Utara Suhartono mengatakan, pelaksanaan Sensus Penduduk secara langsung di Jakarta Utara melibatkan sebanyak 1.062 Petugas Sensus (PS) dan 73 Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka). Petugas akan mendatangi setiap rumah tangga dengan berbekal data dari hasil Sensus Penduduk Online (SPO) dan data milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta.

“Sensus Penduduk secara langsung akan dimulai besok. Petugas akan mendatangi setiap rumah tangga dengan bekal data yang sudah disiapkan,” kata Suhartono saat dikonfirmasi, Senin (31/8).

Dalam pelaksanaannya, dipastikan tidak ada kewajiban rumah tangga untuk mengisi kuisioner. Petugas hanya melakukan proses wawancara untuk memastikan rumah tangga tersebut sesuai dengan bekal data yang dipegang.

“Rumah tangga tidak ada kewajiban mengisi kuisioner, petugas hanya mewawancarainya. Petugas juga akan didampingi oleh pengurus Rukun Tetangga (RT) yang mengetahui seluk beluk warga di lingkungannya,” ungkapnya.

Ditargetkannya, Sensus Penduduk secara langsung ini rampung selama 15 hari ke depan meski pelaksanaan dijadwalkan selama September 2020. Diharapkan pelaksanaan ini mendapatkan dukungan dari seluruh pihak agar menghasilkan total penduduk yang sesungguhnya.

“Untuk sosialisasi, Jumat (28/8) lalu sudah digelar zoom meeting dengan Biro Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dengan para camat dan lurah. Kami berharap pelaksanaan ini mendapat dukungan agar hasil Sensus Penduduk ini dapat menjadi data awal dalam penentuan kebijakan pemerintah ke depan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.