Musrembang Kelurahan Koja Harus Lahirkan Inovasi SDM

Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Koja, Koja, Jakarta Utara, Kamis (30/1). Diarahkannya Musrenbang harus melahirkan usulan inovasi dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya tadi melihat usulan pembangunan masih didominasi pembangunan fisik. Harusnya Musrenbang ini melahirkan lebih banyak usulan non fisik untuk peningkatan SDM,” kata Desi Putra, saat ditemui di Aula Kantor Kelurahan Koja, Koja, Jakarta Utara, Kamis (30/1).

Melalui pembahasan Musrenbang ini, disarankannya sebagian usulan fisik yang telah diinput ke dalam sistem segera dialihkan ke usulan non fisik.

Terlebih usulan non fisik itu mengarah pada usulan inovatif sehingga melahirkan ciri khas warga Kelurahan Koja.

“Kelurahan Koja harus menjadi contoh bagi kelurahan lainnya di Jakarta Utara. Harus ada perubahan inovasi. Berkolaborasi dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar maju bersama-sama,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Koja Frimelda Novitara akan mengajak warga untuk merubah dominasi usulan fisik ke usulan non fisik melalui pembahasan Musrenbang. Rembuk Rukun Warga (RW) yang digelar sebelum pelaksanaan Musrenbang ini menghasilkan 76 usulan pembangunan untuk tahun 2021 dengan total rencana anggaran mencapai Rp 18 Miliar.

Usulan itu terdiri dari satu usulan untuk unit pengelola pusat pelatihan seni dan budaya, dua usulan untuk pusat pelatihan dan pengembangan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, dua usulan unuk Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara, empat usulan unuk Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara.

Selanjutnya empat usulan untuk Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Utara, lima usulan untuk Sudin Kesehatan Jakarta Utara, lima usulan untuk Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, enam usulan unuk Sudin Pemuda dan Olahraga Jakarta Utara, enam usulan unuk Sudin Perhubungan Jakarta Utara, sembilan usulan unuk Sudin Bina Marga Jakarta Utara, dan 32 Usulan untuk Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara.

“Usulan itu kita serap dari 13 RW yang melaksanakan Rembuk RW pada awal Januari lalu. Usulan pembangunan itu mengarah kepada 11 UKPD (Unit Perangkat Kerja Daerah) di Jakarta Utara,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.