Samudera Indonesia Melaju Kencang Ditengah Pandemi

PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan pada Selasa (30/6/2020) bertempat di Soehanna Hall Jakarta.

RUPS kali ini memutuskan pembagian dividen dengan Rp. 8 per saham atau total sebesar Rp. 26,2 miliar.

Dalam RUPS ini juga mengangkat Bani Maulana Mulia sebagai Dorektur Utama dan Tara Hidayat sebagai Direktur SDM. Sedangkan Masli Mulia yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama bergabung kedalam jajaran Dewan Komisaris.

Dalam paparan publik, Dirut Bani Maulana Mulia menjelaskan kepada awak media sebagai perusahaan pelayaran, logistik dan transportasi. SMDR siap bekerja tangguh dalam berbagai kondisi yang menantang. Kompetensi kerja secara digital dan mobile senantiasa ditingkatkan untuk tetap bekerja dengan produktif dan efektif diikuti dengan peningkatan Standard Operational Procedure (SOP) dan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

SMDR optimis meraih peningkatan kinerja di tahun 2020 menyusul dicapainya laba bersih hingga bulan Mei sebesar US$ 4,9 juta, meningkat dua kali lipat dibandingkan kinerja pada peeiode yang sama di 2019.

Hingga bulan Mei 2020 mencatat pendapatan US$ 211,7 juta meningkat 19% dari periode yang sama tahun lalu. Peningkatan kinerja tersebut merupakan hasil dari penerapan strategi komposisi armada perseroan.

Pada tahun 2019 lalu SMDR melakukan penjualan aset beberapa unit kapal yang memiliki produktifitas rendah dan melakukan peremajaan armada kapal baru.

Di tahun 2020 proses peremajaan kapal terua berjalan dengan baik meskipun dalam situasi pandemi Covid-19. Tercatat 1 unit kapal sudah diterima dan dioperasikan pada kuartal l dan pada kuartal ll, 2 unit kapal sudah berhasil diluncurkan di Jepang sementara 1 kapal lagi akan diluncurkan di semester ll.

Ditambahkan Bani Maulana Beberapa kontrak sudah dimulai berhubungan dengan shipping, bahkan baru saja ada kontrak baru untuk industri farmasi. kontrak meningkat sekitar 10%.

Ada beberapa penurunan untuk eksport import sebesar 20% dan masih dikaji menambah rute baru. Beberapa proyek pengelolaan pelabuhan masih menjadi fokus utama perusahaan.

Perusahaan selalu memberi kesejahteraan dan jaminan kepada karyawan perusahaan dan memberikan pelatihan khusus peningkatan SDM, terutama kru shipping.

Menutup paparan Dirut Bani berharap tercapainya kemajuan baik kinerja perusahaan maupun kesejahteraan karyawannya dengan kerjasama soliditas dan loyalitas tinggi di semua unit perusahaan.

(yamin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *