GOW KOTA BEKASI GANDENG BAZNAS GELAR KHITANAN MASSAL

Masih dalam suasana HUT RI Ke- 76, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bekasi bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) cabang Kota Bekasi menggelar Khitanan Massal bagi anak-anak kurang mampu yang bertempat di Pendopo Kantor Wali Kota Bekasi pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021. Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK, Hj. Gunarti Rahmat Effendi istri Wali Kota Bekasi, Ketua BAZNAS Kota Bekasi, perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bekasi, serta Ketua dan segenap Pengurus GOW yang keanggotaanya terdiri dari berbagai organisasi kewanitaan di Kota Bekasi.

Dalam sambutannya, Hj. Gunarti menyampaikan dukungan atas kegiatan khitanan massal hari ini (28/08/2021). Menurutnya, kegiatan berbagi sesama, dengan mengundang anak-anak dari keluarga yang tidak mampu melalui khitanan massal sangatlah bermanfaat.

“Saya sangat apresiasi atas terselenggaranya kegiatan khitanan massal ini. Apalagi, khitanan massal hari ini (28/08/2021) sasarannya adalah anak-anak dari keluarga kurang mampu. Insya Allah berkah dan dibalas setimpal oleh Allah SWT karena tujuannya adalah membantu yang membutuhkan apalagi membantu untuk menjalankan salah satu kewajiban umat islam, sekali lagi insya Allah dilimpahi rahmat yang luar biasa oleh Allah SWT.” Ujarnya.

Peserta kegiatan khitanan massal tersebut berjumlah 65 anak dari keluarga tidak mampu yang didaftarkan oleh setiap organisasi yang bernaung dalam GOW. Pelaksanannya terbagi di dua area. Area Pendopo Kantor Wali Kota digunakan untuk acara pembukaan dan seremoni potong tumpeng dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76. Area kedua, lobby Kantor Sekretariat PKK yang berada tidak jauh dari Pendopo Kantor Wali Kota dijadikan tempat peserta untuk dikhitan.

Dokter dan tenaga kesehatan didatangkan dari RS. Ananda Kota Bekasi. Selain memfasilitasi proses khitanan, RS. Ananda juga menyediakan celana khusus pasca dikhitan serta obat-obatan untuk perwatan/recovery peserta di rumah.

Ketua GOW Kota Bekasi, Hj. Wiwiek Hilwiyah Arief menyampaikan bahwa atas kerjasama dengan BAZNAS acara ini dapat terselenggara. Selain difasilitasi khitanan gratis, para peserta pun mendapatkan santunan baju muslim karena bertepatan juga dengan suasana Tahun Baru Islam, lalu sejumlah uang tunai, dan bingkisan lainnya yang didapat dari stakeholder lain seperti Bank BJB Kota Bekasi dan Wardah Comestic serta dukungan dari para anggota GOW lainnya.

“Alhamdulillah acara khitanan massal ini dapat terselenggara berkat dukungan dari banyak stakeholder seperti BAZNAS, Bank BJB, Wardah Comestic, lalu dokter dan nakes dari RS. Ananda serta anggota-anggota GOW lainnya. Para peserta pun selain dapat dikhitan tanpa dipungut biaya, kami pun juga menyediakan santuan uang tunai sebesar Rp. 300.000/anak, baju muslim anak lengkap dengan pecinya, dan juga bingkisan seperti snack dan makan siang untuk anak-anak. Mudah-mudahan GOW ke depannya dapat menyelengarakan kembali acara khitanan massal, karena program ini sangat penuh keberkahan untuk mewujudkan kepedulian sesama.” Ucap Wiwiek.

Acara tersebut juga terlaksana dengan protokol kesehatan yang baik. Semua pihak tetap jaga jarak tidak menimbulkan kerumunan karena para peserta disediakan ruang tunggu yang cukup luas dan di ruang terbuka serta selalu displin memakai masker.