Pertama Kalinya, Diskominfo Kota Tangerang Menggelar KIMfesT 2021

Meningkatkan kapasitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam penyebaran informasi dan pengoptimalan potensi wilayah. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) untuk pertama kalinya, menggelar KIM Festival Tangerang (KIMfesT) 2021. Beragam rangakaian acara digelar dengan mengusung tema ‘Pengelolaan Informasi Kreatif’.

Sebagai tahap awal, KIMfest menggelar empat kelas pelatihan secara online dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten dibidangnya, Sabtu (28/8/21). Mulai dari, Zhafira Andiyani Sonjaya dari Tokopedia, Ndoro Kakung sebagai Pemerhati Sosmed, Thomas Herda sebagai Jurnalis Videografer Senior dan Yuniadhi Agung sebagai Fotografer Kompas.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Mulyani mengungkapkan ini menjadi pertama kalinya, Festival KIM Tangerang digelar, dimana ditahun-tahun sebelumnya pengelolaan KIM baru sebatas pelatihan. Sedangkan tahun ini, Diskominfo mengemasnya lebih menarik mulai dari pelatihan, pembinaan langsung hingga nanti ditutup lomba KIM.

“KIM Festival Tangerang digelar dengan rangkaian acara. Setelah hari ini kita menggelar empat kelas pelatihan online. September nanti, Diskominfo akan menggelar pendampingan dengan empat tema sesuai dengan kelas online masing-masing sebelumnya,” ungkap Mulyani.

Lanjutnya, KIMfesT juga akan menggelar perlombaan pada Oktober mendatang. Mulai dari kategori konten kreatif KIM, bisnis digital KIM dan sosial media KIM. “Tidak tanggung-tanggung pada perlombaan KIM ini akan dipilih sembilan pemenang dengan total hadiah Rp63 juta,” tegasnya.

Kata Mulyani, melalui KIMfesT ini Ia berharap anggota KIM dapat lebih memahami dan memanfaatkan teknologi yang ada semaksimal mungkin. Dengan begitu, anggota KIM dapat berinovasi dan menghasilkan informasi-informasi yang lebih menarik dan bermanfaat

“Diketahui, anggota KIM merupakan agen atau penyambung informasi, dari potensi wilayah untuk wilayahnya, atau lebih luas lagi dari wilayahnya untuk Kota Tangerang bahkan Indonesia. Maka, setelah KIMfesT ini digelar Pemkot Tangerang berharap dapat lebih mengembangkan kemampuan diri, potensi wilayah serta pemaksimalan digitalisasi, terlebih ditengah pandemic covid-19,” harap Mulyani.

Sebagai informasi, hingga saat ini sekitar 40 KIM sudah terbentuk dan tersebar di 13 Kecamatan se-Kota Tangerang. Dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif. Ditujukan untuk beraktivitas menyampaikan informasi terkait kebijakan dan program pembangunan di masing-masing wilayah secara swadaya.

Read more at: https://www.tangerangkota.go.id/berita/detail/27853/pertama-kalinya-diskominfo-kota-tangerang-menggelar-kimfest-2021#

Download aplikasi Android TangerangLive : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.tangerangkota.tangeranglive&hl=en