Belajar Via Daring Tak Turunkan Kualitas Pendidikan Ditengah Pandemi Covid-19

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menilai sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring tak menurunkan kualitas pendidikan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Justru sistem pembelajaran ini menjadi tantangan baru dalam pengaplikasian kebiasaan baru dalam mewujudkan Jakarta Utara yang sehat, aman, dan produktif.

“Kualitas pendidikan tidak akan berubah meskipun cara belajarnya baru (daring). Dengan cara baru ini kita punya ketangguhan baru juga, terlebih bagi anak muda yang selalu haus dan berhasrat hal-hal yang bersifat menantang,” ungkap Sigit, saat ditemui saat ditemui di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (27/8).

Daripada memikirkan kembalinya pembelajaran secara langsung (kelas) seperti sebelum pandemi Covid-19, disarankannya lebih baik konsentrasi menjadikan PJJ atau daring sebagai kebiasaan baru. Melaksanakan dan menyusun strategi ketahanan dalam jangka waktu panjang selama pandemi Covid-19 masih melanda Ibu Kota Jakarta.

“Tentu kita melihat bahwa pandemi Covid-19 ini merubah wajah dunia. Saya pikir yang menarik sekarang bagaimana menyusun strategi agar kita memiliki endurance (ketahanan) yang panjang di dalam kita menghadapi Covid-19, termasuk juga soal proses interaksi belajar-mengajar. Sekarang kita melaksanakan PJJ di DKI Jakarta yang sudah berjalan sekian bulan. Kita ingin kebiasaan baru yang ditanamkan bisa menjadi lebih konsen ketimbang kita berpikir soal melaksanakan kelas sebagaimana sebelum pandemi terjadi,” jelasnya.

Diharapkannya, tantangan proses belajar di tengah pandemi Covid-19 seperti ini melahirkan pemuda-pemudi Jakarta Utara yang tangguh, kuat dan hebat. Menghasilkan prestasi, kreasi, dan inovasi bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Tentu situasi dan kondisi ini kita respon sebagai sebuah tantangan untuk bisa menunjukkan pemuda-pemudi Jakarta Utara sebagai pemuda-pemudi yang tangguh, kuat, hebat. Melahirkan prestasi, berkreasi dan inovasi di tengah pandemi Covid-19,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.