Pushidros TNI AL Petakan Dasar Danau Sunter Selatan, Bahan Analisa Pembangunan Tata Kota

Pusat Hidro-Oseanografi (Pushidros) TNI Angkatan Laut tengah memetakan kedalaman dasar Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok baik pada sisi timur maupun barat. Pemetaan dilakukan sebagai bahan analisa kebijakan rencana pembangunan tata kota oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara.

Wakil Komandan Pusat Hidro-Oseanografi (Pushidros) TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI AL Budi Purwanto mengatakan, Pushidros TNI AL tengah melaksanakan tugas pemetaan lima belas danau di Indonesia yang salah satu lokasinya yakni Danau Sunter Selatan, baik pada sisi timur maupun barat. Dengan kombinasi wahana Teledyne Z-Boat, Data Citra dan Dem Wahana Udara Nirawak kedalaman dasar danau terpetakan sebagai bahan analisa desain kebijakan rencana pembangunan tata kota pada kemudian hari.

“Saat ini kami tengah diberikan tugas untuk memetakan lima belas danau di Indonesia yang akan ditata sebagai destinasi wisata. Oleh karena itu, kami merasa di rumah kami, di wilayah kami, di wilayah Jakarta Utara banyak danau yang belum terpetakan, kami ingin membantu memetakannya,” ujar Nudi saat ditemui di Danau Sunter Selatan sisi timur, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (28/5).

Dijelaskan Budi, hasil pemetaan nantinya akan diserahkan secara berjenjang kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara. Data tersebut dapat digunakan sebagai bahan analisa rencana pembangunan tata kota utamanya pada kepentingan desain danau pada kemudian hari.

“Harapan apa yang kami kerjakan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ataupun perencanaan tata kota di Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara ini,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengucap syukur atas terlaksananya pemetaan Danau Sunter Selatan yang dilakukan Pushidros TNI Angkatan Laut. Hasil pemetaan ini akan dijadikan bahan analisa pada lanjutan pembangunan sheet pile Danau Sunter Selatan sisi timur pada Juni 2021 mendatang.

“Insyallah dengan data pemetaan dasar danau sisi timur dan barat ini bagus sekali untuk kolaborasi data yang ditindaklanjuti oleh Sudin (Suku Dinas) Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara. Kebetulan Danau Sunter sisi timur ini akan kembali dilakukan pembenahan dan penataan lanjutan dengan pemasangan sheet pile pada Juni 2021 mendatang. Termasuk menjadikan data ini sebagai bahan analisa pengerukan danau untuk memperbanyak debit tampung air dalam upaya mencegah banjir di Jakarta Utara,” pungkas Ali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.