Kunjungi MKG, Wagub Riza Patria Ingin Masyarakat Jakut Berkontribusi Cegah Covid-19 Di Masa PSBB Transisi

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan kunjungan ke Mall Kelapa Gading (MKG), Jakarta Utara, Sabtu (27/6). Kegiatan ini selain dilakukan untuk memastikan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi berjalan dengan baik, juga untuk melihat secara langsung kontribusi masyarakat untuk mencegah penyebarannya Covid-19 di lingkungannya.

“Hari ini kita datang ke mall sesuai dengan arahan Gubernur, ingin memastikan seluruh unit-unit kegiatan selama masa PSBB Transisi ini sudah melaksanakan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Menurut Riza Patria, untuk pengelola mall harus melakukan pembatasan pengunjung yang datang berbelanja, dimana jumlahnya harus tidak melebihi dari lima puluh persen.
“Pengelola mall ataupun toko harus tau kapasitasnya daya tampung pembeli dan melakukan pembatasan. Harus disiapkan pengecekan suhu, fasilitas cuci tangan, traffic flow (petunjuk arah) dan lainnya yang sesuai dengan protokol Covid-19. Prinsipnya memudahkan warga yang berkunjung,” tambahnya.

Dengan adanya pelonggaran selama PSBB Transisi, Riza Patria menerangkan tentunya akan ada intensitas orang keluar yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan peningkatan penyebaran Covid-19.
“Tentunya untuk itu protokol kesehatan Covid-19 harus lebih ketat lagi, harus lebih disiplin lagi, regulasi dihadirkan sebaik mungkin, aparat dihadirkan sebanyak mungkin, sangsi dikenakan seberat mungkin dalam rangka mendorong seluruh masyarakat patuh dan taat,” ucapnya.

Menurut Riza Patria, berbagai kebijakan yang dibuat sebaik mungkin oleh pemerintah hanya berkontribusi sebanyak 20 persen terhadap pencegahan penyebaran Covid-19.
“Untuk 80 persen kontribusi terhadap pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 terletak pada prilaku masyarakat. Jadi 80 persen keberhasilan kita terletak pada kedisiplinan, kepatuhan warga. Kami dan seluruh jajaran dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, seluruh instansi, para pakar, para ahli memberikan berbagai regulasi, fasilitas dan sebagainya untuk mendorong kontribusi masyarakat yang 80 persen ini menjadi baik. Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat khususnya warga Jakarta Utara yang sudah berkontribusi dan berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing,” tuturnya.

Untuk diketahui, ikut hadir mendampingi Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta dalam kunjungan tersebut Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko dan Camat Kelapa Gading Harmawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *