Workshop Sosialisasi Program IBM BNN 6 Wilayah Kelurahan Bersinar Jakarta Utara

BNN Kota Jakarta Utara menggelar Workshop Sosialisasi Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) di 6 Wilayah Kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar) pada Khamis (27/5/21) bertempat di Hotel Ibis Sunter Jl. Gaya Motor I Jakarta.

Bertindak sebagai Nara Sumber materi dr. Novianti Purnamasari, Sulistyowati Murdiningrum, SKM., dan Reza Pahlevi, SS, M.Ikom.

Hadir dalam acara, perwakilan PT Pelindo II, Walikota Jakarta Utara Ali M. Hakim, Lurah Ancol Rusmin serta undangan lainnya.

Kepala BNN Jakarta Utara AKBP. Bambang Yudhistira dalam pemaparannya menjelaskan, program BNN ini adalah untuk masyarakat jakut sendiri bekerja sama dengan PT Pelindo II Jakarta untuk memaksimalkan program BNN Jakarta Utara, dan diharapkan pula banyak stackholder untuk mendukung program rehabilitasi BNN ini.

Ditambahkan Bambang, Program IBM ini adalah baru dari BNN dan dilaksanakan di wilayah masing-masing disesuaikan kearifan lokal, dari masyarakat untuk masyarakat guna menekan penyalahan gunaan narkoba.

Kalau Covid-19 sudah ada vaksinnya tapi narkoba ini belum ada vaksinnya, sedangkan perkembangan narkoba ini sudah ada 200 varian baru di luar negeri. ini menjadi ancaman apabila masuk kedalam negeri Indonesia.

Rehabilitasi merupakan musuh bagi para bandar narkoba yang sangat berbahaya buat masyarakat kita. karwnanya program ini sangat penting dan perlu, tandas Bambang.

KELURAHAN ANCOL SEBAGAI PILOT PROJECT PROGRAM IBM DAN KELURAHAN BERSINAR

Dilanjutkan dengan laporan kegiatan dari Kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar) dan Program IBM Kelurahan Ancol Rusmin sebagai Pilot Project percontohan.

Dikatakan Rusmin Kelurahan Ancol sudah berbuat dan berkolaborasi dengan stackholder yang berupa pemasangan spanduk dan stiker sosialisasi Kelurahan Ancol Bersinar dipasang di pusat perbelanjaan dan fasilitas sosial umum di wilayah Kel. Ancol. di antaranya di RW 04 dan 01 bersama Holland Bakery dikunjungi pula oleh Kepala BNN DKI Jakarta.

Dari hasil giat ini dilaporkan Rusmin telah dibentuk Tim Penggerak Pencegahan Penyalah Gunakan Narkoba sebanyak lima orang, dengan bermottokan lebih baik ditangani keluarga dari pada ditangani polisi.

Sambutan PT Pelindo II, kerjasama dengan BNN jakut dibangun sejalan dengan program Pelindo II dibawah kementerian BUMN di Jakarta Utara, dan untuk merealisasikannya dengan menjalankan program IBM ini untuk mewujudkan masyarakt sehat berkwalitas.

Sambutan Walikota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mendukung penuh program rehabilitasi narkotika yang berkonsep IBM dari BNNK Kota Jakarta Utara. Apalagi program ini turut mengkolaborasikan peran antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan yang semakin mewujudkan kota Jakarta Utara Bersinar.

“IBM ini benar-benar mengkolaborasikan semua pihak tetapi dengan mengupayakan peran aktif masyarakat untuk menggaet penyahguna narkotika agar dapat direhabilitasi,”

Dengan adanya peran aktif masyarakat, Ali menilai pendekatan terhadap keluarga dan penyalahguna narkotika berjalan dengan baik. Pendekatan yang intens tentunya meminimalisir keraguan keluarga dan penyalahguna narkotika untuk mengikuti program rehabilitasi.

“Para penyalahguna narkotika bukan aib. Ini tanggung jawab kita bersama untuk meng mereka menjalani rehabilitasi. Di sinilah peran masyarakat yang didaulat sebagai kepanjangan tangan program IBM mengkomunikasikan segala kendala yang ada. Tentu semua itu tidak terlepas dari peran BNNK Jakarta Utara, pemerintah, maupun dukungan dari pihak swasta,” Tambah Walikota Ali M. Hakim.

DR. NOVI HARAPKAN REHABILITASI IBM SUKSES DAN BANGKITKAN SEMANGAT PERANGI PENYALAH GUNAAN NARKOBA

Ditempat yang sama, Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr Novianti Purnamasari menjelaskan kepada media, Kelurahan Ancol dipilih sebagai proyek percontohan program rehabilitasi IBM lantaran sukses sebagai kelurahan bersinar dari Seksi Pemberdayaan dan Pencegahan (P2M) BNNK Jakarta Utara pada tahun sebelumnya.

Untuk tahun berikutnya, BNNK Jakarta Utara akan memilih Kelurahan Sunter Jaya sebagai kelurahan bersinar yang mana pelatihan sudah mulai diberikan kepada masyarakat petugas IBM.

“Ini semua merupakan awal ikhwal peran aktif masyarakat dalam program rehabilitasi penyalahgunaan narkotika. Jangan takut untuk direhabilitasi karena semua data klien kami rahasiakan,” tutupnya.

(yamin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.