Bulan Mutu Karantina, BKIPM Bagikan 24 Ribu Lebih Benih Ikan ke IPB

 

 

Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM), kembali menggelar bulan mutu karantina (BMK) 2021. Kali ini, sebanyak 24.700 benih ikan asli Indonesia diberikan ke Institut Pertanian Bogor (IPB) dilepas dan dipelihara di Danau LSI. Adapun ikan tersebut terdiri dari 23.200 ekor

benih ikan nilem dan 1.500 ekor benih ikan lainnya.

“Alhamdulillah, rekan-rekan dari Balai KIPM Jakarta II bisa kembali melaksanakan BMK, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi IPB dan juga masyarakat secara umum,” kata Kepala BKIPM, Rina saat memberikan keterangan pada Selasa (25/5/2021).

Rina menilai, Kabupaten Bogor memiliki potensi sumber daya perikanan yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk usaha perikanan budidaya, pengolahan maupun aqua wisata. Merujuk data Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, perkembangan produksi ikan konsumsi berbagai jenis dari tahun 2013-2017 di Kabupaten Bogor selalu meningkat.

“Kabupaten Bogor memiliki kelayakan lahan dan air, kisaran suhu, curah hujan, yang sesuai digunakan untuk usaha budidaya perikanan baik ikan konsumsi maupun ikan hias,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rina mengaku mendapat laporan bahwa Balai KIPM Jakarta II juga membagikan 5 ton ikan sehat dan bermutu. Rencananya, ikan sehat ini diserahkan oleh para Anggota DPR RI ke dapil di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor. Khusus Balai KIPM Jakarta, Rina meminta mereka untuk bermitra dengan Moh. Ichsan Firdaus, anggota DPR RI Dapil Kabupaten Bogor, Endang Setyawati Thohari, anggota DPR RI Dapil Kota Bogor serta Budhi Setiawan atau yang mewakili, anggota DPR
RI Dapil Kota Bogor.

“Pada penyelenggaraan BMK ke-6 tahun 2021 seperti halnya di tahun sebelumnya, BKIPM bermitra strategis dengan Anggota DPR RI dari Komisi IV sesuai Dapilnya masing-masing,” urainya.

Sepintas tentang BMK 2021, Rina menyebut kegiatan ini merupakan yang keenam. Bulan Mutu Karantina merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan dan dilaksanakan serentak oleh 47 Kantor
Perwakilan BKIPM seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari bakti dan kepedulian BKIPM khususnya serta KKP pada umumnya,” tutupnya.

 

 

 

Sementara anggota DPR, Endang Setyawati Thohari menilai pembagian dan penyerahan bantuan ini menjadi salah satu wadah sosialisasi agar warga mengonsumsi ikan. Terlebih ikan menjadi makanan tinggi protein untuk mengurangi stunting.

“Ikan juga bagus buat kulit dan kecantikan sehingga warga akan lebih sadar untuk makan ikan,” kata Endang.

Senada, Moh. Ichsan Firdaus, juga berharap kegiatan ini bisa berlangsung secara rutin. “Terimakasih KKP, semoga kegiatan ini bisa rutin,” ujar Ichsan.

Sebagai informasi, BMK ke-6 telah dilaunching oleh Menteri Kelautan dan
Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono pada 14 April 2021 di Terminal Peti Kemas Koja Tanjung Priok dan dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan kerja lingkup BKIPM baik Pusat ataupun Unit Pelaksana Teknis BKIPM. Kegiatan BMK akan diisi dengan 3 kegiatan yang bersifat tematik seperti BKIPM peduli sosial, BKIPM peduli lingkungan, dan BKIPM peduli pelayanan publik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.