Tangani Limbah Minyak Jelantah, Program PKK dan RPTRA Jakarta Utara Tersenyum Diluncurkan

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti, Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito dan Direktur Yayasan Baitul Maal PLN, Salman Al Farizi meluncurkan program PKK dan RPTRA Jakarta Utara Terima Sedekah Minyak Jelantah Untuk Mereka (Tersenyum) secara online dan offline di Ruang Fatahillah, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Jumat (26/3).

Program sedekah minyak jelantah tersebut merupakan solusi jitu untuk mengedukasi masyarakat agar selalu hidup sehat dan peduli lingkungan. Dengan cara tidak lagi menggunakan minyak goreng berulang kali karena membahayakan kesehatan dan jika membuang minyak jelantah sembarangan akan mencemari lingkungan.

“Hari ini, secara serentak kita melaunching program PKK dan RPTRA Jakarta Utara tersenyum di 77 RPTRA se-Jakarta Utara yang akan menjadi titik kumpul sedekah minyak jelantah dari warga. Nantinya, minyak jelantah yang terkumpul dari masyarakat akan ditampung oleh Rumah Sosial Kutub yang selanjutnya diolah menjadi biodiesel,” jelas Ali.

Ia juga menginstruksikan kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara, kecamatan dan kelurahan untuk ikut program sedekah minyak jelantah yang dikelola Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, pengelola RPTRA, Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara dan Rumah Sosial Kutub.

“Di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara juga disediakan tempat penampungan minyak jelantah berupa Anjungan Tuang Minyak (ATM) Sedekah Minyak Jelantah. Saya juga sudah keluarkan edaran untuk ASN Jakarta Utara agar sedekahnya melalui minyak jelantah. Saya harap ini bisa dilanjutkan dan dikelola dengan benar. Hasil dari pengumpulan minyak jelantah juga akan digunakan untuk mendukung kegiatan berbagi sarapan yang dilaksanakan PKK Jakarta Utara setiap Jumat pagi,” ungkap Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti mengatakan, program PKK dan RPTRA Jakarta Utara Tersenyum lebih mengarah kepada pengolahan limbah rumah tangga, kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup. “Tersenyum adalah simbol kebahagiaan karena dengan bersedekah melalui limbah yang dianggap sepele namun memberi manfaat yang luas untuk kegiatan sosial, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.