Kasudin KPKP Jakarta Utara Rita Nirmala Kampanyekan Gemarikan 2019 Dalam meningkatkan Kecerdasan Anak

Pemerintah Kota Jakarta Utara kembali memulai rangkaian kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2019,Yang di pandu oleh Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, di SDN Tugu Utara 22, Koja. Melalui gerakan ini, diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan para anak didik yang berkualitas.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, mengatakan Gemarikan merupakan gerakan positif dalam membiasakan masyarakat mengonsumsi ikan sedari dini.

“Sebenarnya gerakan ini untuk masyarakat luas. Tapi harapan kami agar konsumsi makan ikan dimulai sedari dini. Dalam artian mulai membiasakan dari anak,” kata Ali, saat ditemui di SDN Tugu Utara 22, Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/7).

Dijelaskannya, ikan memiliki kandungan zat yang baik mulai dari protein, vitamin, hingga omega 3. Sehingga saat baik untuk tumbuh kembang anak dan meningkatkan kecerdasan.

Menurutnya, gerakan ini juga dapat meningkatkan nilai perekonomian keluarga. Yakni dengan menjual makanan olahan ikan yang menarik dikonsumsi. Apalagi, Jakarta Utara termasuk wilayah pesisir yang mudah memperoleh ikan, baik melalui laut maupun pemberdayaan bibit ikan tambak.

“Indikator konsumsi ikan secara nasional memang masih dibawah. Untuk itu melalui gerakan ini diharapkan banyak masyarakat semakin sadar untuk mengonsumsi ikan. Orang tua harus menjadi contoh konsumsi ikan bagi anaknya,” jelasnya.

Sementara Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Rita Nirmala menerangkan, Gemarikan akan disosialisasi di enam kecamatan dan 31 kelurahan di Jakarta Utara. Sosialisasi diutamakan pada sejumlah siswa diberbagai sekolah.

“Hari ini ada 600 siswa yang hadir dari tiga sekolah berbeda. Ke depannya akan terus dilakukan sosialisasi hingga 31 kelurahan di Jakarta Utara,” tutupnya.

(yamin/muhlis)

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *