Maknai HUT Ke 493 DKI Jakarta, ASN Jakut Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) silih berganti mendatangi Lantai 2 Gedung Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (24/6). Kedatangannya memaknai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-493 dengan mengikuti aksi donor darah sukarela (Dondarela) sebagai wujud Jakarta Tangguh.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan langkah nyata mewujudkan ‘Jakarta Tangguh’ dalam rangkaian peringatan HUT DKI Jakarta ke-493.

Dengan berbangga hati dan bahagia, ASN mampu menjadi pelopor dalam berkolaborasi menciptakan Jakarta yang berketahanan, terlebih dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kegiatan ini merupakan sebuah langkah nyata dalam rangkaian HUT DKI Jakarta. Kita berbangga dan berbahagia ASN menjadi pelopor dalam rangka berkolaborasi menciptakan ‘Jakarta Tangguh’, Jakarta Utara yang berketahanan. Terlebih dalam menghadapi masa pandemi Covid-19,” kata Sigit, saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (24/6).

Dijelaskannya, semangat ketangguhan ini harus terjaga dan semakin terbina baik dalam aktifitas keseharian maupun melayani masyarakat. Tidak hanya bagi ASN yang bertugas di lingkup Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, semangat ini secara kontinu menjadi pelopor bagi seluruh kader penggerak di masyarakat, mulai dari tingkat RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

“Semangat ketangguhan ini harus terjaga dan semakin terbina dalam aktifitas sehari hari terlebih dalam pelayanan masyarakat di Jakarta Utara. Aksi kemanusiaan ini sudah secara kontinu dilakukan bahkan sejak Ramadan lalu baik di tingkat kelurahan dan kecamatan, seperti kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Dasawisma, dan lain sebagainya sudah melakukan aksi ini,” jelasnya.

Kepala Suku Badan Kepegawaian Kota Administrasi Jakarta Utara Mardi Dwi menerangkan, sebanyak 150 ASN maupun pegawai menjadi target aksi dondarela ini. Diharapkan dengan adanya aksi ini, kepekaan sosial terjalin untuk saling membantu sesama manusia yang membutuhkan stok darah di PMI Kota Jakarta Utara

“Ini kegiatan rutin kami (Suku Badan Kepegawaian). Dalam setahun ada 2 kali penyelenggaraan. Selain memperingati HUT DKI Jakarta ke-493, kegiatan ini membantu PMI memenuhi stok darah dan juga meningkatkan kepekaan sosial ASN dan pegawai,” terangnya.

Di lokasi serupa, Wakil Ketua Bidang Bencana PMI Kota Jakarta Utara Dwi Haryanto memastikan, pelaksanaan Dondarela ini turut menerapkan sederet protokol kesehatan mulai dari pengenaan masker, pengecekan suhu tubuh, jaga jarak antrean, dan penyediaan hand sanitizer. Bahkan dipastikan petugas PMI pun turut mengenakan alat pelindung diri (APD) demi mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini memang menjadi kendala masyarakat untuk melakukan donor darah. Tapi ini harus kita sikapi bersama dengan menerapkan protokol kesehatan. Petugas steril memakai APD lengkap. Jadi ga perlu khawatir untuk donor darah,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *