Ratusan Personel Satpol PP Disiagakan Tanggulangi Bencana Musim Penghujan di Jakarta Utara

Ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Utara disiagakan dalam upaya penanggulangan bencana di musim penghujan seperti banjir rob, banjir karena hujan, dan pohon tumbang.

Personel ditugaskan mengawal tugas pelaksana teknis (petugas pelangi), mengatur arus lalu lintas, hingga mobilisasi pengungsi.

Kepala Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Utara Yusuf Majid mengatakan, sebanyak 664 personel baik tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan ditugaskan dalam upaya penanggulangan banjir di musim penghujan. Upaya tersebut dilakukan mulai dari mengawal tugas petugas pelangi seperti Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA), Suku Dinas Bina Marga, dan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH), menatur arus lalu lintas saat hujan mereda, hingga moblisasi pengungsi.

“Petugas kami siagakan dalam upaya penanggulangan banjir di musim penghujan ini. Ini suatu kewajiban kami sebagai pengayom masyarakat,” kata Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis (22/10).

Untuk di tingkat kelurahan, dijelaskannya petugas diminta untuk mengatur aus lalu lintas saat hujan mereda sesuai titik ploting dan mengawal tugas pelaksana teknis. Sedangkan tangkat kecamatan, petugas diminta untuk patroli wilayah untuk mengecek dan mendukung personel Satpol PP tingkat kelurahan di titik ploting dan mengawal pelaksana tugas tingkat kecamatan.

“Untuk di tingkat kota, petugas diminta untuk menatur arus lalu lintas di jalan protokol seperti Jalan Yos Sudarso dan lain sebagainya hingga patroli sesuai perkembangan situasi wilayah,” jelasnya.

Memaksimalkan tugas selama musim penghujan, dipastikan petugas juga telah dibekali jas hujan. Secara simbolis jas hujan didistribusikan melalui Kepala Seksi dan Komandan Satpol PP tingkat Kecamatan pada Rabu (21/10) sore.

“Intinya kami pasti berperan dalam penanggulangan bencana di Jakarta Utara sebagai bentuk abdi kami kepada masyarakat,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.