Antisipasi Musim Penghujan Awal 2020 Pelindo II Tj. Priok Gelar Apel Siaga Banjir

Menghadapi datangnya musim penghujan awal tahun 2020 ini, IPC Pelindo II Cabang Tanjung Priok segera menggelar operasi siaga banjir. Apel kesiapsiagaan ini dilaksanakan pada Khamis (2/1/2020) bertempat di Gedung PMK Pelabuhan Tanjung Priok.

Bertindak selaku Pemimpin Apel Direktur Kesatuan Penjagan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenperla Ir. Ahmad, M.Mtr, dan Komandan Apel Kapten Hermanta, Kepala Syahbandar Pelabuhan Utama Tanjung Priok dengan peserta upacara semua unit kerja yang ada diwilayah Pelindo II Tanjung Priok.

Dalam keterangannya kepada wartawan Ahmad menjelaskan, pengiriman personil akan diberangkatkan ke tiga titik lokasi siaga, dimana sebelumnya sudah diadakan “trip respon team” kedua lokasi dengan membawa mobil rescue dan perahu karet.

“Hari ini akan ditambahkan personil untuk tiga lokasi dan yang “stand by” di lokasi pos ini (PMK) dan akan diatur penggantian posisi lebih lanjut.”

“Untuk dipos jaga ini, akan dikoordinasikan antar unit internal dengan unit-unit kerja lain ekternal sehingga tidak terjadi tumpang tindih” Jelas Ahmad.

Kami juga menyediakan layanan pengaduan melalui posko kami dan website terkait.

Selanjutnya Ahmad mengucapkan terima kasihnya kepada semua instanti terkait yang mendukung atas kegiatan ini.

Ditempat yang sama, GM IPC Cabang Tanjung Priok Suparjo menegaskan dalam menghadapi musibah banjir yang melanda wilayah Jakarta Utara Jakarta Timur dan Bekasi, seluruh instansi yang ada di Pelabuhan Utama Tanjung Priok, seperti IPC, Otoritas Pelabuhan, Kesyahbandaran dan lainnya mengerahkan armada yang dimiliki termasuk perahu karet dan peraonil yang siap mengevakuasi bila ada korban banjir dan musibah lainnya. Kami juga menyediakan tim kesehatan kalau-kalau ada yang memerlukan penangan medis baik dari fihak korban maupun tim penanggulangan bencana sendiri. juga kami siapkan tim logistik untuk kita salurkan bantuan ke titik-titik korban banjir.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Suparjo, bahwa tim ini bersifat simultan dan bergerak untuk satu atau dua bulan kedepan, jadi apabila diperlukan siap dipergunakan.

“Ada sekitar lima titik prioritas kami untuk penanggulangan banjir kali ini, antara lain Penjaringan, Cilincing, Bekasi, tapi kita utamakan Jakarta Utara. Apabila ada instruksi dari kementerian lebih lanjut kita siap laksanakan.” Demikian Suparjo.

(y/t)

Leave a Reply

Your email address will not be published.