Media Tegur Bangunan Tak Pasang Plang IP

Selaku bagian dari tugas dan fungsi jurnalis adalah melakukan kontrol sosial ke masyarakat, sesuai UU Pers No. 40 Tahun 1999. Segala bentuk kegiatan di masyarakat yang diduga tidak memenuhi Peraturan Daerah di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta .

Sudah semesti nya pemilik bangunan mendapat peringatan atau teguran agar mematuhi Perda yang berlaku selaku warga masyarakat DKI Jakarta dalam hal ini UU tentang IMB.

Saat mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada pembangunan yang belum memenuhi persyaratan IMB, karena belum memasang tanda IP (plang kuning),Menurut dasar hukum ijin membuat bangunan.

Diantara nya Undang-Undang Nomor 28 tahun 2002,tentang bangunan gedung, Perda Nomor 36 tahun 2005 tentang peraturan pelaksanaan, UU.Nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan gudang.

Dan Peraturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 85 tahun 2006 tentang pelayanan penertiban perijinan bangunan.

Selanjut nya jika bangunan terlanjur berdiri tetapi belum memiliki “IMB” Berdasarkan pasal 48 ayat 3 UUGB di sebutkan bahwa Bangunan gedung yang telah berdiri.

Akan tetapi belum memiliki ijin memdirikan bangunan pada saat Undang-Undang ini di berlakukan, Dan untuk memperoleh ijin mendirikan bangunan harus mendapatkan Sertifikat,Baik fungsi berdasarkan ketentuan Undang-Undang.

Jadi kewajiban untuk melengkapi setiap pembangunan seperti Gudang,Tempat tinggal,Kos-Kosan,Ruko dan lain sebagai nya,Setiap Masyarakat yang ingin membangun di haruskan membuat “IMB” tanpa terkecuali.

Hal ini terkait bangunan yang berlokasi di Jalan Sungai Bambu Raya No. 11 RT. 001 RW. 004 Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Dalam pantauan media beberapa saat lalu Jum’at (19/7) pukul 11. 30 tidak ada terpasang Plang IMB. Kemudian dikonfirmasi kepada pekerja pemilik adalah bernama STH dan adiknya.

Dari hasil penelusuran sampai kepada pemilik dan menyatakan sudah diurus IMB nya hanya belum dipasang Plang pekerjaan atau Plang IP. Selanjutnya media pemantau meminta pemilik segera memasang Plang sebagai tanda bukti kepengurusan IMB.

(Yamin/Muhlis)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *