Konfederasi Jurnalis Muslim Indonesia Ucapkan Selamat Kembalinya Hagia Sophia Jadi Masjid

Konfederasi Jurnalis Muslim Indonesia (KJMI) menyambut putusan pengadilan Turki mengembalikan fungsi Hagia Sophia dari museum menjadi masjid.

Presiden KJMI Ali Dzulfiqar SM. Noorman menyampaikan ucapan selamat yang tulus dan dukungan sepenuhnya kepada pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan  atas keputusan berani di tengah kecaman sejumlah negara mengalihfungsikan Hagia Sophia menjadi Masjid.

Dilansir dari Cakrabuananews.com, Ali Dzulfikar mengatakan, “Kami memandang keputusan tersebut sebagai prestasi yang membanggakan dari pemerintah Turki, untuk dipersembahkan bukan hanya kepada umat Islam Turki tapi dunia, karena Hagia Sophia pada hakikatnya milik semua umat muslim di dunia”, ujar Ali Dzulfiqar dalam sebuah pesan email yang disampaikan ke Kedutaan Besar Turki di Jakarta.

Di akhir pesan tersebut, Ali berharap, semoga dialih fungsikan Hagia Sophia menjadi lambang (icon) persatuan umat muslim se dunia menuju kejayaan Islam yang hakiki

Sebagaimana diketahui Hagia Sophia merupakan salah satu lanmark paling populer di Intanbul, Turki. Selain keindahan arsitekturnya, Hagia Sophia mempunyai sejarah cukup panjang.

Setelah kekhalifahan Utsmaniyah Turki runtuh oleh Mustafa Kemal Pasha pada tahun 1935 menjadikan Turki jadi negara sekuler. Pada tahun 1934, Bangunan Hagia Sophia yang tadinya berfungsi sebagai masjid dialihfungsikan jadi meseum oleh Mustafa Kemal Pasha.

Hagia Sophia kemudian jadi warisan dunia UNESCO yang disebut area bersejarah Istanbul, sejak tahun 1985.

Saat ini, pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan menetapkan Hagia Sopia kembali jadi masjid, tak lagi berstatus sebagai museum.

Meski demikian, Presiden Erdogan memastikan umat non-muslim tetap bisa berkunjung ke Haggia Sophia.

Sebagai organisasi yang bersifat internasionalisme KJMI mendo’akan dengan diresmikannya Masjid Haggia Shopia sebagai lambang (ikon) persatuan ummat muslim se dunia. (red)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *