KMDT Sibolga Dorong Pemerintah Pusat Canangkan Program Segitiga Emas, Danau Toba -Sibolga – Kepulauan Nias

Sibolga, Percepatan pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia menjadi perhatian utama pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sektor pariwisata telah lama menjadi tulang punggung dari ekonomi kreatif di Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki sejumlah potensi pembangunan pariwisata. Potensi ini sekaligus dapat menjadi kekuatan bangsa dalam pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komite Masyarakat Danau Toba Sibolga (KMDT) Sibolga melakukan audensi dengan Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan. Turut menyaksikan Ketua Umum KMDT Edison Manurung, Sekjen sekaligus Rektor UNIKA Prof. Dr. Drs. Sihol Situngkir, MBA dan jajaran.

Wakil Ketua DPD Sibolga Jamil Zeb Tumori menyampaikan bahwa maksud dan tujuan audiensi tersebut memperkenalkan KMDT sebagai lembaga yang memadukan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Kehadiran KMPT mendorong terwujudnya segitiga emas yakni Danau Toba, Sibolga dan Kepulauan Nias.

Diharapkan program strategis pembangunan pariwisata Dana Toba hasilnya bisa berdampak terhadap kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif Sibolga dan Kepulauan Nias.

Pariwisata Kepulauan Nias juga sangat strategis karena memiliki destinasi pariwisata yang sangat mendunia seperti Pantai Sore yang sering dijadikan tempat kompetisi surfing dunia dan Lompat Batu di Desa Bawomataluo, Nias Selatan yang telah ditetapkan sebagai Situs Dunia oleh UNESCO serta berbagai objek wisata yang sangat atraktif dan menarik lainnya.

KMDT hadir meyakinkan berbagai stakeholder dan elemen masyarakat bahwa organisasi ini mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat melalui program strategis yang telah dicanangkan agar kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara semakin meningkat dengan hadirnya konsep segitiga emas di Sumatera Utara, ujar Jamil Zeb Tumori, Rabu (17/11/2021).

“Konektivitas wilayah hadirnya jalan tol dan pelabuhan Pelindo I yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi sangat berpotensi terhadap kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah segitiga emas ini.”

Untuk itu, diharapkan para Kepala Daerah dan legislatif se-Kepulauan Nias bersama masyarakat harus memanfaatkan peluang ini dengan menyiapkan objek wisata dan pemanfaatan tol laut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di kawasan segitiga emas ini semakin produktif dan progresif, ujar Jamil Zeb Tumori.