Perluas Pasar UMKM, Sentra UMKM dan Galeri Dekranasda Kota Bekasi Diresmikan

KOTABEKASI, Didampingi Ketua Dekranasda Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya resmi melaunching Sentra UMKM dan Galeri Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Bekasi yang berada di Gedung Sepuluh Lantai, Komplek Kantor Wali Kota Bekasi, Jalan Jend. A. Yani, Bekasi Selatan.

Dalam sambutannya, Atalia berharap keberadaan Galeri Dekranasda dapat menjadi wadah untuk memperluas pasar produk-produk kerajinan yang ada di Kota Bekasi terutama produk unggulan UMKM yang menonjolkan nilai-nilai daerah.

“Dekranasda Kota Bekasi memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif, menjadi elemen penggerak industri kerajinan, serta sekaligus berperan sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan kerajinan khas lokal yang semakin bermutu dan berkualitas serta mampu bersaing dengan produk lain,” katanya. 

Selaras dengan Atalia, Wiwiek Hargono juga mengatakan Dekranasda memiliki peran penting dalam menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kerajinan dalam rangka mengembangkan identitas budaya, serta memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, perajin dan seniman. Keberadaan Galeri Dekranasda ini merupakan salah satu kolaborasi Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata dan Budaya, serta Dekranasda dalam memberikan ruang bagi para pelaku industri/usaha kecil menengah (IKM/UKM) untuk memasarkan hasil produksinya.

“Dengan demikian para perajin akan semakin terpacu untuk berkreatifitas, sehingga di satu sisi kesejahteraan pelaku IKM/UKM meningkat dan di sisi lain warisan budaya yang mencirikan Kota Bekasi akan tetap lestari. Galeri ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat Kota Bekasi maupun diluar Kota Bekasi,”ungkapnya.

Lebih lanjut Wiwiek menyampaikan ini membuat IKM/UKM untuk terus berpikir cerdas dan mencari peluang pasar yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pemasaran serta penjualan dengan menggunakan platform digital.

“Tentunya ini mendorong para pelaku IKM/UKM dalam berfikir cerdas, berkeatifitas dan memacu menghasilkan produk dalam memanfaatkan peluang pasar. Mendorong para pelaku UKM juga melakukan pemasaran melalui teknologi informasi dan komunikasi,” kata Wiwiek Hargono Tri Adhianto

Wiwiek mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk-produk Kota Bekasi dengan membeli produk-produk IKM/UKM Lokal.

Salah satunya dengan memberikan support dan berbelanja di Galeri Dekranasda Kota Bekasi.

“ Memiliki kebanggaan tersendiri dengan bermunculan produk unggulan dari tangan-tangan kreatif UKM Kota Bekasi, dengan hadirnya Galeri Dekranasda ini menjadi etalase untuk mengenalkan produk lokal kita untuk lebih menasional maupun internasional,” ucapnya

Galeri Dekranasda ini nantinya difungsikan untuk mempromosikan produk kerajinan kepada masyarakat, baik domestik maupun nasional.

Di samping itu, keberadaan galeri tersebut untuk memperkuat jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak, seperti akademisi, pelaku usaha, komunitas kreatif, instansi pemerintah dan swasta.

Diharapkan dengan adanya Galeri Dekranasda jumlah IKM/UKM anggota Dekranasda Kota Bekasi semakin bertambah. Sehingga potensi kerajinan baik kerajinan craft dan makanan semakin berdaya saing sesuai visi misi Kota Bekasi.

“ Pelaku UKM semakin maju dan berdaya saing serta mampu menjadi instrumen untuk meningkatkan derajat kesejahteraan para pelaku UMKM. Ekonomi makin tumbuh dan mesejahterakan masyarakat,”tutup Wiwiek Hargono Tri Adhianto.