Ganjar Usul Kontingen PON Jateng Diisi Official Asal Papua

Warga asal Papua yang tinggal di Jawa Tengah dan warga Jawa Tengah yang tinggal di Papua, mendapat kesempatan untuk menjadi official tim PON Jawa Tengah selama gelaran PON XX di Papua. Ide tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Ketua KONI Jawa Tengah, Senin (17/2/2020), untuk menunjukkan ke-Indonesiaan dan persatuan bangsa melalui olahraga.

“Saya punya usul dan keinginan bahwa masyarakat Papua yang tinggal di Jawa Tengah, banyak menikah dengan orang Jawa Tengah, itu bisa membantu menjadi official atlet Jawa Tengah yang akan mengikuti PON di Papua nanti. Menarik itu. Kita tunjukkan ke-Indonesiaan kita, persatuan kita dari olahraga,” kata Ganjar usai bertemu Ketua KONI Jawa Tengah Brigjen TNI (purn) Subroto dan para atlet di Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Usulan Ganjar itu karena banyak orang Papua yang bahkan tinggal dalam waktu lama di Jawa Tengah. Begitu juga banyak warga asal Jawa Tengah yang tinggal di Papua serta hidup dan berhubungan dengan sangat baik di sana.

“Kalau kemudian kontingen ini bisa saling mengisi, mengajak saudara-saudara kita dari Papua yang tinggal di sini dan juga menjadi warga Jawa Tengah mungkin dia bisa merepresentasikan sebagai orang yang tinggal di Jawa Tengah untuk membantu tim. Sehingga nanti berangkat ke sana kita akan betul-betul merayakan dan merasakan ke-Indonesiaan. Artinya bahwa kita bisa tinggal di mana pun dan kita saling menghormati,” jelas Ganjar.

Gayung bersambut, usulan Ganjar tersebut mendapat respons baik dari Ketua KONI Jawa Tengah Brigjen TNI (purn) Subroto. Menurut Subroto, saran dari Ganjar akan diakomodasi. Ia menyebut saat ini di tim PON Jawa Tengah sudah ada pelatih yang kebetulan asli Papua.

“Kebetulan ada pelatih dari Papua yang sudah melatih salah satu cabor, yaitu di sepatu roda. Tapi nanti kita cari tokoh-tokoh dari Papua yang sudah jadi warga di Jawa Tengah kita masukkan ke panitia atau official PON Kontingen Jawa Tengah,” kata Subroto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.