Pencanangan Budidaya Anggur di Jakarta Utara Disaksikan Duta Besar Ukraina

Pencanangan budidaya anggur Jakarta Utara disaksikan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia di Vezo Grape, Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (16/10).

Pencanangan menandakan mulai masifnya sosialisasi dan edukasi budidaya anggur hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Suroto mengatakan pemerintah mendukung penuh pencanangan budidaya anggur yang berkolaborasi dengan Komunitas Anggur Jakarta (KAJ).

Sosialisasi sekaligus edukasi akan semakin dimassifkan tidak hanya di tingkat kota melainkan hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) tentunya mendukung dalam menyukseskan budidaya anggur ini,” kata Suroto saat dikonfirmasi, Sabtu (16/10).

Dukungan terhadap budidaya anggur ini, dijelaskannya lantaran budidaya anggur bukan sekadar berfungsi sebagai penghijauan kota semata. Melainkan dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat melalui program urban farming (pertanian kota).

“KAJ telah membuktikan pada karakteristik tanah tandus pesisir Jakarta (di Vezo Grape) budidaya anggur sukses. Tanaman subur dan berbuah. Ini suatu terobosan. Kami harap ini terus berkembang juga di DKI Jakarta,” jelasnya.

Ketua Komunitas Anggur Jakarta, Ahmad Fatoni menerangkan kegiatan tersebut diisi dengan penanaman bibir anggur dan penandatanganan plakat program kerja sama antara Kedutaan Ukraina dan KAJ dalam rangka pencanangan budidaya anggur di wilayah Jakarta Utara.

Bahkan, KAJ mendapat tawaran menimba ilmu (studi banding) ke Ukraina yang sejak abad ke empat Sebelum Masehi telah membudidayakan anggur.

“Alhamdulillah pencanangan budidaya anggur bersama duta besar Ukraina berjalan sukses. Mereka menaruh harapan kepada KAJ untuk studi banding budidaya anggur ke Ukraina,” tutupnya.