KOGAMTI : Sukses PON Tidak Terlepas dari Kinerja Menpora Dan KONI

Jakarta, Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dI Papua baru saja selesai. Sejumlah raihan prestasi ditorehkan di pesta olahraga empat tahunan tersebut.
KOMITE GENERASI MUDA TIMUR INDONESIA (KOGAMTI) mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan PON XX di Papua.

“Pelaksanaan PON XX jadi percontohan untuk perhelatan olahraga di masa pandemi Covid-19,” ujar BUNG AS dalam keterangan, Sabtu (16/10/2021).

Kendati, dikatakan Ketua Presidium KOGAMTI tersebut, masih terdapat sejumlah evaluasi bagi penyelenggara. Yaitu Persoalan Keamanan dan Profesional

“Untuk mekanisme persyaratan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 harus lebih ketat, ini jadi evaluasi tim penyelenggara. Dan cegah ricuh pada pelaksanaan tiap cabor,” Ujarnya.

“Sebab, kejadian ricuh pada cabor tinju pada PON kemarin mencoreng profesionalitas dunia olahraga,” Tambahnya.

Terlepas dari peristiwa ricuh pada cabor tinju, dikatakan BUNG, AS sejumlah prestasi berhasil ditorehkan para atlet Indonesia. Seperti cabor lempar lembing, Abdul Hafiz atlet asal Sumatera Utara berhasil mencatatkan lemparan sejauh 71,03 meter.

Demikian pula atlet cabor angkat besi asal Jawa Barat, Susi Susanti yang berhasil mencatatkan rekor se-Asia untuk angkatan dead lift. Lalu Sri Mayasari, atlet cabor lari 400 meter yang berhasil mencatatkan rekor internasional dengan waktu 53,22 detik serta sejumlah rekor di cabor lainnya.

“Ini (pecah rekor) menjadi prestasi tersendiri bagi atlet Indonesia. Mereka nantinya bisa mengharumkan nama besar bangsa Indonesia saat berlaga di tingkat internasional,” Jelas BUNG AS.

KOGAMTI Berharap, pemerintah memberikan perhatian lebih pada tingkat penjaringan atlet sejak usia dini. Dan memberikan alokasi anggaran pelatihan atlet di tingkat daerah.

“Fasilitas berlatih atlet harus ditumbuhkan di daerah. Ini untuk apa? Agar bibit atlet bisa berkembang dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan performa dan bakatnya sejak dini,” Ungkapnya.

KOGAMTI Berharap juga Fasilitas yang ada di Papua harus di Rawat dan di kembangkan Oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk mengembangkan bakat-bakat Generasi Muda yang ada di Tanah Papua

“Jadi kesempatan akan berikan seluas-luasnya bagi para atlet untuk mengembangkan bakat dan prestasinya”, Terangnya.

KOGAMTI sangat Mengapresiasi Kinerja Mempora selama Menjabat sebagai Menteri Pemuda & Olahraga Sumua Iven Olahraga Nasional & Internasional Sukses Selalu di Tangan Pa Zainuddin Amali.

” Beliau Berhak untuk Mendapatkan Penghargaan Menteri Berprestasi,” Tutup Bung AS.