Seminar Kebangsaan PC PMII Jakarta Utara 2019

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jakarta Utara menggelar “Seminar Kebangsaan” pada Selasa (13/8/2019) bertempat di Gedung Balai Yos Sudarso denga bertemakan “Menanamkan Nilai-nilai Pancasila Dalam Merawat Kebhinekaan”.

Seminar yang dihadiri sekitar 50 Peserta dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan ini menampilkan nara sumber H. Sabri Saiman dari “Jakarta Utara Rumah Kita”, M. Sidik Ketua Dewan Kota Jakarta Utara dan Mewakili Kapolsek Metro Jakarta Utara Edi Winarno.

Asisten Kota, Abdul Khalid memberikan sambutan sekaligus membuka acara, mengamanatkan untuk bangga menjadi warga Jakarta karenanya kita tidak hanya sekedar seminar tapi juga melakukan gebrakan dan gerakan dalam mempertahankan Ideologi negara Pancasila dan Kebinekaan apalagi sekarang ada “Kanwil Pertahanan Keamanan” di DKI Jakarta.

H. Sabri Saiman memaparkan untuk menjadi manusia yang berani, mampu mengatakan kenyataan yang ada, jangan terbawa arus yang merusak diri, terakhir diamanatkan agar mahasiswa mampu membangkitkan semangat patriotisme kebangsaan.

Materi selanjutnya diberikan oleh Edi Suwarno mejelaskan Pancasila dari kacamata Kepolisian, Pertahanan dan Keamanan Negara.

Edi mengatakan Pancasila sebagai Ideologi Negara tidak dapat dirubah dengan Ideologi yang lain, dan kalian pemuda harapan bangsa mesti mampu menjaga dan mempertahankan.

Narasumber terakhir dari Dewan Kota Jakarta Utara,. M. Sidik memaparkan tentang sejarah Ideologi Pancasila dan sinerjitas perjuangan pemuda dan mahasiswa seja awal kemerdekaan hingga sekarang, kita mesti tetap menjaga eksistensi gerakan kepemudaan dalam menjaga Ideologi Pancasila.

Keterangan dari Ketua Panitia Pelaksana Dandi Nurwahyudi, munculnya ide seminar ini adalah melihat UUD ’45, Pancasila dan AD/ART organisasi, maka mesti ada seminar ini bagi pemuda Jakarta Utara. guna mengantisipasi setelah pelaksanaan Pemilu 2019 yang baru lalu.

Session selanjutnya dilanjutkan dengan tanya jawab yang cukup hangat.

 

(yamin)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *