Jaga Lingkungan Ibu Kota, Pelabuhan Tanjung Priok Terapkan Gerakan Bersih-bersih Laut dan Pantai di Dermaga JICT 2

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim Hadiri kegiatan Gerakan Bersih-bersih Laut dan Pantai di Dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kamis (12/9). Acara ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2019.

Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh insan Perhubungan dengan mau berperan aktif menjaga lingkungan.
“Dengan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat secara langsung. Dan dengan apa yang dilakukan saat ini, tentunya cita cita mewujudkan Jakarta bebas sampah dapat segera terwujud,” katanya.

Hingga saat ini, Ali menambahkan jika Pemprov DKI Jakarta senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah di Ibu Kota.
“Gerakan bersih laut dan pantai seperti ini sangat dibutuhkan, terlebih buat daerah pesisir seperti Jakarta Utara yang menjadi muara dari sungai sungai besar. Untuk itu perlu kerjasama dari berbagai pihak dalam masalah pengelolaan sampah,” tambahnya.

Menurut Ali, kegiatan positif seperti ini harusnya bisa dilakukan secara berkesinambungan, dan Kita Pemerintah Kota Pemkot Administrasi Jakarta Utara siap mendukung.
“Yang Kita lakukan saat ini adalah pengelolaan sampah yang dimulai dari hulu dan tidak lagi di hilir. Demi mensukseskan hal tersebut perlu kolaborasi semua pihak untuk mengurangi, mendaur ulang dan memanfaatkan kembali sampah yang dihasilkannnya atau lewat gerakan yang dilakukan saat ini,” tuturnya.

Kelapa Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Amiruddin MM, mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bakti nyata insan Perhubungan untuk bangsa Indoneia.
“Seperti kita ketahui, sampah ini sudah menjadi permasalahan serius yang harus diperhatikan, terlebih sampah plastik yang keberadaannya sangat sulit diurai oleh bumi,” katanya.

Dengan kegiatan Gerakan bersih-bersih Laut dan pantai ini Amiruddin berharap bisa membangun semua pihak untuk lebih perduli lagi dengan lingkungannya.
“Mau ikut bekerjasama mulai dari hal terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya ataupun mulai mengurangi penggunaan wadah plastik dalam kehidupan sehari harinya,” ucapnya.

Sementara GM PT Pelindo II, Cabang Tanjung Priok Suparjo menambahkan jika pihaknya juga akan selalu mendukung upaya Pemerintah Kota Jakarta Utara dalam upaya memerangi sampah.
“Sekain menyambut baik acara ini juga berharap timbul kesadaran dari para pelaku bisnis di pelabuhan dan lingkungan pelabuhan untuk menjaga kebersihan. Mudah mudahan ini bukan hanya ceremonial saja, tetapi juga sebagai salah satu membangun kesadaran buat semuanya untuk mau ikut dan berperan aktif menjaga kebersihan di lingkungan pelabuhan,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan bersih laut dan pantai ini dilaksanakan serentak di seluruh Indoneia. Untuk di pelabuhan JICT II ini diikuti oleh 600 peserta yang terdiri dari perwakilan institusi pemerintah di Pelabuhan Tanjung Priok, TNI, Polri, Operator dan Stakeholder.

(yamin/kominfotikju)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *