Masyarakat Kebon Bawang Sumbangkan Darah Di Masa Pandemi COVID-19

Komponen masyarakat dilibatkan dalam kegiatan donor darah sukarela (Dondarela) yang dilaksanakan PMI Jakarta Utara bersama Kelurahan Kebon Bawang. Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, Dondarela tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya agar terhindar dari resiko penularan COVID-19.

Kegiatan Dondarela dilaksanakan mulai Pukul 08.00 hingga 11.30 WIB. “Setelah melalui tahapan screening kesehatan hanya 27 orang dari 40 calon pendonor yang diperbolehkan mendonorkan darahnya. Untuk yang tidak lolos screening diharapkan lebih mempersiapkan diri dari faktor kesehatan agar kegiatan donor darah selanjutnya bisa ikut berpartisipasi,” ungkap Lurah Kebon Bawang, Willy Hardiana saat monitor kegiatan Dondarela di Ruang Pola Kantor Lurah Kebon Bawang, Jumat (12/6).

Sejumlah unsur yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya pengurus RT/RW, LMK, FKDM, Karang Taruna, PKK, PPSU dan warga sekitar. “Saya ucapkan terima kasih atas kepeduliannya membantu sesama. Semoga pasokan darah ini akan memberikan manfaat bagi warga lainnya yang sedang berjuang untuk kesembuhannya melawan berbagai macam penyakit,” tuturnya.

Ia berharap kegiatan Dondarela bisa membantu ketersediaan stok darah PMI Jakarta Utara di masa pandemi COVID-19. “Ini sebagai pembelajaran bagi semua jajaran bahwa kita harus saling membantu. Menjadi pendonor darah akan membuat kita lebih sehat,” ujar Lurah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.