Wali Kota Jakarta Utara Ajak Warga Jadi Pahlawan Donor Darah di Masa Pandemi

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengajak warga menjadi pahlawan donor darah di tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bukan tanpa alasan, ajakan ini dilontarkan lantaran stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) semakin menipis akibat pandemi.

“Di masa pandemi ini, beberapa rumah sakit mengeluh sulitnya mendapatkan darah karena memang stok darah di PMI menipis. Untuk itu kami mengajak warga untuk bersama-sama kuatkan niat dan tekad mendonorkan darahnya,” kata Ali saat menghadiri Gerakan Donor Darah Sukarela (Dondarela) yang diinisiasi Komunitas Gowes Sepeda Lagoa (Gosela) di SMPN 279 Jakarta, Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Minggu (11/4).

Ali menghimbau warga tak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19. Donor darah bisa dilaksanakan selama mengikuti aturan protokol kesehatan.

“Kita punya gerakan Dondarela. Itu seyogyanya setiap tiga bulan sekali. Tanpa ada ajakan pahlawan donor darah ini menjadi bank donor berjalan,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Panitia Gerakan Donor Darah Sukarela (Dondarela) Komunitas Gosela Raden Joko Suwondo menerangkan, sebanyak 200 peserta menjadi target dalam kegiatan ini.

Peserta yang menjadi target mendonorkan darahnya secara sukarela ini berasal dari warga dan beragam komunitas lainnya seperti Lagoa Community (LC) hingga Forum RT/RW.

“Tentunya kami selaku panitia mengucapkan terima kasih terhadap dukungan semua pihak dan peserta yang rela mendonorkan darahnya. Terima kasih juga kepada pengurus Sekolah SMPN 279 Jakarta yang bersedia menyiapkan tempat acara,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.