Taliban Janji Rangkul Semua Pihak dalam Pemerintahannya

uru bicara Taliban Suhail Shaheen mengatakan ada kemungkinan orang-orang di luar Taliban akan dilibatkan dalam pemerintahan mendatang Afghanistan.

Dilansir dari media Sputnik, Taliban telah memperkenalkan para anggota kunci kabinetnya, tetapi Shaheen mengatakan pada Jumat (10/9/2021) bahwa politisi Afghanistan di luar Taliban kemungkinan juga akan menduduki posisi tinggi dalam pemerintahan baru.

Dalam sebuah wawancara dengan Global Times, ia menjelaskan Taliban sedang berbicara dengan sejumlah politisi Afghanistan karena kami percaya pada “inklusivitas pemerintah.”

“Pemerintahan resmi Afghanistan kemungkinan akan dibentuk bulan ini atau bulan depan. Setelah persoalan ini selesai, Taliban berharap dapat mengundang delegasi tingkat tinggi dari negara lain, termasuk Cina, untuk berkunjung ke Afghanistan,” kata Shaheen.

Sementara itu, Duta Besar Afghanistan untuk PBB Ghulam Isaczai mengatakan, keterangan para saksi mata menunjukkan bahwa Taliban melakukan kejahatan dan melanggar hak asasi manusia di Afghanistan.

Dia meminta PBB untuk tidak mengakui pemerintah sementara yang dibentuk oleh Taliban setelah menggulingkan pemerintahan yang terpilih secara demokratis.

 

(sumber : parstoday.com)