Sinergitas 3 Pilar Polres Metro Bekasi Kota, Meraih 2 Rekor MURI Layanan Kepada Masyarakat

 

Berdasarkan Peraturan Presiden (Pepres) RI Nomor 11 Tahun 1946, HUT Bhayangkara merupakan peringatan terbentuknya Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Maka dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkara ke-73, Polres Metro Bekasi Kota menggelar syukuran yang mengusung tema “Dengan Semangat Promoter dan Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara”. Dengan logo HUT Bhayangkara ke-73 yang dipublikasikan juga dengan tertera angka 73 bertempat di Alun-Alun Kota Bekasi Jalan Veteran nomor 54, Margajaya Bekasi Selatan Kota Bekasi pada, Rabu (10/7) pagi.

Acara syukuran tersebut sekaligus atas pencapaian rekor Muri Polres Metro Bekasi Kota dalam penyelenggaraan pelayanan SIM dan SKCK 24 jam secara berkelanjutan terlama yang dimulai sejak 11 Juli 2018 hingga sekarang, serta rekor penyelenggaraan Polsubsektor Pekayon dan Polsubsektor Mekar Sari yang keseluruhan petugasnya beranggotakan Polisi Wanita (Polwan).

Kombes Pol Indarto selaku Kapolres Metro Bekasi Kota usai upacara apel peringatan HUT Bhayangkara kali ini menyampaikan amanatnya yang menitik-beratkan terkait sinergitas tiga pilar serta sistem penyelenggaraan dalam pelayanan.

“Sampai saat ini, pembukaan layanan 24 jam kepengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tetap satu-satunya. Sudah ada kawan-kawan polres lain yang memang telah menghubungi kami, mau mencontoh. Kawan-kawan dari Papua dengan dari Sumatera yang sudah meminta beberapa konsep kami, mudah-mudahan kawan-kawan yang lain bisa melakukan itu,” tuturnya.

Dalam penuturannya Kombes Indarto juga mengungkapkan, bahwa prestasi yang telah diraih tak luput dari kerjasama yang dibangun antar tiga pilar, Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah. Karena Kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan instansi lain serta pemerintah daerah.

“Anda tahu, bagaimana kita dalam mengatasi permasalahan. Kita dibantu banyak oleh tiga pilar, dibantu banyak sama Kodim, dibantu banyak sama Pemkot Bekasi. Jadi menurut saya, itu kuncinya,” ungkap Indarto.

Masih kata Indarto, bahwa kemarin ada polres yang tiru, tidak bisa berhasil 24 jam karena mereka belum memperdayakan tiga pilar. “Karena kita sendiri pun, tidak mampu. Jadi yang bisa kita lakukan adalah memperdayakan melalui sinergitas kawan-kawan tiga pilar, itu baru jalan,” paparnya.

Pembentukan karakter dan SDM berupa pelatihan, lanjut Indarto, serta ada pemberian hibah terkait peningkatan sarana dan prasarana. “Disamping untuk beberapa front office yang tidak perlu kepolisian, itu dibantu oleh pihak Pemkot. Misalnya, informasi, bagian informasi itukan tidak harus mesti polisi, nah itu dibantu. Jadi yang awalnya ditugaskan anggota polisi dibagian informasi, sekarang dibantu kawan-kawan dari Pemkot untuk memberikan informasi, seperti itu,” pungkasnya.

Melalui pencapaian rekor Muri dengan dua penghargaan sekaligus yang diraih tersebut, hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi seluruh jajaran Polres Metro Bekasi Kota untuk lebih memacu semangat demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang promoter (profesional, modern dan terpercaya) serta sistem pelayanan lebih baik lagi kedepannya, kelak. (Lala/AZ)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *