Wali Kota Jakut Buka Musrenbang Tingkat Kec. Cilincing, Prioritaskan Infrastruktur dan SDM

Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko membuka kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Cilincing di Aula Kantor Camat Cilincing, Selasa (11/2). Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Cilincing juga dihadiri oleh 3 anggota DPRD DKI Jakarta yaitu Neneng Hasanah perwakilan dari Komisi D, M.Arifin dari Komisi E dan Anthony Winza dari Komisi C.

“Hadirnya 3 anggota DPRD DKI Jakarta dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Cilincing akan mengawal proses perencanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Cilincing. Usulan masyarakat yang diajukan akan dibahas dan disaring menjadi usulan prioritas. Saya harap bisa lebih variatif penyusunan rencana bersama-sama dalam menentukan usulan yang diprioritaskan,” ungkap Sigit.

Dijelaskannya, pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan di Jakarta Utara akan berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada Selasa (11/2) hingga Kamis (13/2) mendatang. “Dalam forum ini, saya harap semua unsur bisa berperan maksimal selama menjalankan rekomendasi teknis dan mencari solusi terbaik dari usulan masyarakat. Selain pembangunan infrastruktur, musrenbang juga mengarah kepada penguatan soft skill dalam hal pemberdayaan masyarakat. Kita sama-sama berfikir tidak hanya output tapi juga outcome mengenai apa yang dihasilkan dalam suatu proses yang dikerjakan. Tumbuh kembangkan kolaborasi dan sinergitas sehingga penuh berkah dan manfaat,” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat Kecamatan Cilincing untuk ikut mengawal dan memantau pelaksanaan tahapan musrenbang. “Masyarakat harus mendapatkan informasi terupdate mengenai kelanjutan dari sejumlah usulan yang diajukan. Hasil akhir dari proses musrenbang ini harus diketahui masyarakat,” himbaunya didampingi Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Utara, Hidayat Budiawan, Camat Cilincing, M.Andri dan Dewan Kota Jakarta Utara, M.Rifani.

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, M.Arifin yang membidangi kesejahteraan rakyat turut mengapresiasi pelaksanaan musrenbang di wilayah Jakarta Utara. “Program pembangunan harus direncanakan dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat Jakarta bisa merasakan hasil pembangunan,” ujarnya.

Sedangkan usulan prioritas dalam Musrenbang Kecamatan Cilincing diantaranya penanggulangan banjir/genangan dengan membangun waduk pada lahan yang sudah dibebaskan dan normalisasi Kali Cakung Lama. Kemudian peningkatan sarana prasarana jalan di Jalan Raya Cilincing, Jalan Cakung Cilincing dan Jalan Arteri Marunda. Selanjutnya, penataan kawasan pesisir di wilayah Kelurahan Kalibaru, Cilincing dan Marunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.