Sidang Ke-3 : Tanggapan JPU Atas Eksepsi PH James Raymond Lawalata Di PN Jakarta Utara

Lanjutan kasus Jerry Lawalata (James Raymond Lawalata) tentang dugaan penyalahgunaan nakorba yang disangkakan telah bergulir di persidangan PN Jakut, Senin (9/11).

Dalam hal ini, pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Utara telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Ini merupakan sidang ke-3.

Sekaitan hal itu, Jerry disangka dalam kasus Nakorba jenis sabu yang ditangkap oleh tim Sat Nakorba Polres Metro Jakarta Utara beberapa waktu lalu.

 

 

Dalam hal ini pihak Kejari Jakarta dalam sidang menyampaikan keberatan yang disampaikan pada sidang sebelumnya. Jaksa penuntut umum menyampaikan atas eksepsi/keberatan dari penasehat hukum Jerry Lawalata.

Penyampaian dari penasehat hukum tentang kasus yang menjerat Jerry dalam kasus penyalahgunaan nakorba. Diantaranya adalah penangkapan dan penahanan terhadap terdakwa tidak sesuai prosedur.

TidakĀ  ada surat penangkapan dan penahanan. Terdakwa tidak ditemukan atau kedapatanĀ  menyimpan adanya objek/fisik sabu baik di badan atau di rumah.

Terdakwa ditangkap dan ditahan tidak tertangkap tangan, tidak saat mengunakan atau saat mengkonsumsi sabu.

 

Terdakwa tidak bertransaksi dan terdakwa bukan sebagai target dan sebagai DPO. Termasuk, terdakwa tidak pernah diperiksa kesehatannya, tidak lagi mendapatkan perawatan atau mendapatkan obat-obatan terapis medis ketergantungan yang diberikan dokter ahli medis ketergantungan yang mana terdakwa adalah pasien.

Usai sidang tentang pembacaan tanggapan jaksa penuntut umum atas eksepsi / keberatan Penasehat Hukum terdakwa Jerry Lawalata, Lukcy Sunarya, SH sebagai penasehat hukum memberi keterangan pada awak media di gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

“Dalam hal ini, kita baru saja mendengarkan jawaban eksepsi dari jaksa penuntut umum terkait atas eksepsi kita minggu yang lalu, intinya jawaban itu eksepsi kita ditolak dan tidak terima,”ujar Lucky Sunarya SH, selaku kuasa hukum Jerry.

Ketika awak media mempertanyakan sekaitan ditolaknya eksepsi oleh Jaksa Penuntut Umum. (JPU)

Namun hal itu diperjelaskan, bahwa ini bukan penolakan akan tetapi sangkaan terkait persoalan Jerry Lawalata.

“Maaf Saya klarifikasi ya, ini bukan penolakan tapi sangkaan. Ini jawaban memutuskan atas asas penangkapan ditolak dan dia juga menolak eksepsi kedua dan berkemungkinan memenuhi secara formil,”katanya.

Lanjutnya,” terjadi permasalahan kami adalah mengenai BB (Barang Bukti) yang disangkakan 1,32 gram, pada hal itu tidak benar.”

Untuk selanjut, kasus Artis Jerry Lawalata yang terjerat dalam kasus penyalahunakan Nakorba akan dilanjutkan sidangnya Minggu depan (16/11/2020).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.