Jalur LIntasan Sepeda Terminal Bus Tanjung Priok Siap Digunakan

Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara menambah fasilitas baru yakni ‘Bike and Ride’. Fasilitas tersebut dihadirkan guna meningkatkan pelayanan publik terutama bagi pejalan kaki dan pesepeda.

Kepala Terminal Tanjung Priok Mulya mengatakan, fasilitas barunya tersebut berada di jalur trotoar dari jalur turun penumpang bus dalam kota hingga akses masuk halte TransJakarta.

Trotoar dicat tiga warna berbeda, yakni hijau untuk sepeda dan biru untuk pejalan kaki. Sedangkan putih berfungsi sebagai pembatas antara ke duanya.

“Untuk parkir bus menjadi lebih dimajukan sehingga trotoar yang berada dibelakangnya bisa digunakan. Di sisinya juga kami hias dengan pot tanaman,” kata Mulya, saat ditemui di Terminal Tanjung Priok, Selasa (10/9).

Ke depannya, pihaknya akan menambahkan besi penyangga untuk parkir sepeda. Sehingga aktivitas penumpang yang menggunakan sepeda bisa terakomodasi dengan baik.

“Parkir sepedanya juga sudah ada. Tapi nanti akan kita tambahkan besi penyangganya supaya parkirnya lebih tertata dan aman dijaga oleh petugas,” jelasnya.

Diterangkannya, penambahan fasilitas tersebut guna menggairahkan masyarakat menggunakan sepeda dan pejalan kak yang tergolong ramah lingkungan dalam kehidupan keseharian.

“Kita ketahui bahwa polusi udara terbesar berasal dari kendaraan bermotor. Jadi adanya fasilitas ini mudah-mudahan bisa menarik minat masyarakat menggunakan sepeda dan berjalan kaki,” tutupnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *