Mengedukasi Siswa – Siswi SMK Negeri 1 Bunguran Timur Tentang Geopark Natuna Program Dari TMMD 110/Natuna

Babinsa Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Serda Yuniaro Zebua Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna melaksanakan giat sosialisasi. Terkait Geopark Natuna.

Kegiatan dilaksanakan di SMK Negeri I Bunguran Timur pada Rabu (10/3/2021). Yuniarno mengatakan bahwa sosialisasi tersebut dalam rangka pelaksanaan salah satu program TMMD ke-110 Kodim 0318/Natuna Tahun 2021.

”Tujuan diadakan acara ini yakni supaya para siswa mengetahui tentang program TMMD dan juga tentang Geopark Natuna,” katanya.

Dia menjelaskan, sosialisasi ini sangat penting agar para siswa lebih memahami tentang warisan geologi dan keragaman geologi. Termasuk keragaman hayati dan keragaman budaya.

”Salah satunya adalah bebatuan yang ada di geosite Natuna yang disebut Kerak Benua yakni Tanjung Senubing dan Goa Kamak. Sedangkan yang disebut Kerak Samudra adalah Pulau Setanau dan Pulau Akar.

Lebih lanjut, Yuniarno menyampaikan bahwa hal-hal semacam ini perlu diketahui oleh generasi penerus bangsa. Agar kedepannya mereka bisa menjaga kelestarian dan keaslian lokasi Geopark.

”Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, menebang pohon lindung, menghancurkan bebatuan. Kemudian tidak memburu satwa liar terutama primata endemik Natuna, tidak mencemari air laut, dan menjaga kelestarian budaya asli daerah,” ujarnya.

Dia pun berpesan agar para siswa dapat lebih peduli lagi terhadap alam sekitar. Terutama keragaman geologi, hayati dan budaya.

”Sehingga kedepanya Geopark Natuna diakui oleh dunia internasional dan di nobatkan sebagai ‘UNESCO GLOBAL GEOPARK,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.