Kunjungi Akmil, Kadislitbangad Gelar Asnik Litbanghan TNI AD

JAKARTA, Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., melaksanakan kegiatan Asistensi teknis (Asnik) Litbanghan TNI AD Semester II TA. 2021 di Akademi Militer, Magelang, Senin (8/11/2021).

Disampaikan Kadislitbangad dalam keterangan tertulisnya bahwa Asnik ini merupakan tindaklanjut Asnik semester I pada tanggal 3 Juni 2021 lalu. Tujuannya untuk melihat bagaimana perkembangan hasil penelitian litbanghan di Sdirjianbang Akmil Litbang Insani yang berjudul Analisis Efektivitas Kurikulum Pendidikan Akmil dihadapkan dengan tujuan pendidikan.

Sebetulnya ungkap Terry Litbang Insani sudah di Asnik, namun apabila ada perubahan yang signifikan setelah penelitian lanjutan dapat dipertanggungjawabkan kepada tim Penilai pada kegiatan penilaian hasil Litbanghan yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 November s.d. 1 Desember 2021.

Terry pun memaparkan bahwa kegiatan Asnik pada Semester II TA 2021 adalah salah satu kegiatan bimbingan teknis Litbanghan oleh pemegang lanjutan LKT tingkat pusat (Dislitbangad) kepada penyelenggara litbanghan dan badan/pejabat yang berhubungan dengan litbanghan agar sesuai dengan sasaran dan tujuan. Yaitu untuk memberikan arahan atau supervisi ilmiah kepada pelaksana kegiatan litbanghan di lingkungan TNI AD, agar kegiatan tersebut dapat berjalan secara objektif, rasional, terukur dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya dikatakan Terry, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan Litbanghan TNI AD TA 2020, dapat disimpulkan secara umum, pelaksanaan kegiatan litbang telah berjalan dengan baik dan mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Namun masih dijumpai beberapa masalah yang perlu mendapatkan perhatian guna peningkatan kualitas litbanghan, agar produk yang dihasilkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya mendukung kemandirian industri pertahanan ataupun mendukung tugas pokok TNI AD.

“Permasalahan tersebut dikarenakan kegiatan litbang belum direncanakan secara optimal sehingga ditemukan kendala – kendala dalam proses pelaksanaan program produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis,” ujarnya.

Permasalahan selanjutnya, kata orang nomor satu di Dislitbangad tersebut yaitu masih terdapat hasil kegiatan litbang yang tidak dapat ditindak lanjuti dengan uji fungsi maupun penelitian yang belum bermanfaat sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan, yang menunjukkan hasil litbanghan kita masih belum mencapai harapan yang diinginkan pimpinan. Kemudian kerja sama Litbang dengan mitra kerja maupun konsultan eksternal masih belum menyentuh TOT (Transfer of Technology) maupun TOK (Transfer of Knowledge), sehingga sampai saat ini belum mampu meningkatkan kualitas SDM peneliti di jajaran balakpus TNI AD. Yang terakhir, kegiatan Litbanghan Balakpus dibuat hanya untuk memenuhi program satuan saja, belum mengacu kepada Road Map Satuan atau Renbut TNI AD.

Pada kesempatan tersebut, selaku Kadislitbangad, Brigjen Terry berharap agar pelaksanaan litbanghan dapat bekerja secara profesional dengan menjunjung tinggi integritas.

“Kami sebagai tim Asnik akan memberikan arahan, saran, masukkan serta solusi teknis terhadap permasalahan penyelenggaraan kegiatan litbanghan,” tergasnya.

Hadir dalam kegiatan Asistensi Teknis Litbanghan TNI AD Semester II TA 2021, di antaranya Wadirjianbang, Katimjianbanghan, para Kabag Sdirjianbang Akmil serta Tim Pokja Litbanghan 2021.