Manajemen Baru KS TKBM Pelabuhan Tanjung Priok Tampilkan Generasi Muda

Dipertengahan Agustus tahun ini, Koperasi Sejahtera Tenaga Kerja Bongkar Muat (KSTKBM) Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta melakukan perombakan dalam tubuh organisasinya, menyusul terpilihnya kembali H. Suparman sebagai Ketua pada bulan Februari 2019 lalu untuk masa tugas hingga tahun 2024.

Beberapa posisi strategis yang semula dijabat oleh pengurus yang sudah memasuki usia 55 tahun keatas mulai dikurangi, ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Dirjen Binwasnaker Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Kementerian Negara Koperasi dan UKM yang ditanda tangani tahun 2012.

SKB ini berdampak kepada eksistenti keberadaan TKBM dipelabuhan Tanjung Priok yang mesti melakukan perombakan (reshuffle) dalam organisasinya.

Menurut penjelasan dari Sekretaris KS TKBM Pelabuhan Tanjung Priok Asep Slamet yang menggantikan Kusno (sekarang menjabat Wakil Ketua II) saat ditemui di kantornya, Khamis (8/8/2019) bahwa kepada mereka yang memasuki usia batasan yang telah ditetapkan dalam SKB jika masih memungkinkan bekerja akan terus berlanjut tapi jika tidak mampu atau dalam kondisi tidak layak kerja seperti sakit dan sebagainya, bagi anggota TKBM yang bekerja dilapangan dapat mengusulkan pengganti dari keluarganya atau orang lain dengan tidak merubah registrasi yang ada dan bagi karyawan KS TKBM diusahakan bekerja dibagian yang tidak memerlukan tenaga berat.

Sementara itu dari bagian Humas, H. Edi yang semula menjabat sebagai Kepala Personalia digantikan oleh Sutejo menjelaskan kepada wartawan bahwa efektifitas kepengurusan baru ini pada awal bulan kedepan. “Sayapun belum menerima SK atau serah terima jabatan ini” jelas Edi.

Ditempat yang sama Pejabat Advokasi KS TKBM Pelabuhan Tanjung Priok H. Yusron mengharapkan dengan manajemen baru ini kesejahteraan dan kesetaraan anggota dapat lebih ditingkatkan terutama mereka yang jelang batasan usia agar mendapat konpensasi yang memadai sesuai prinsip dan tujuan koperasi itu sendiri.

Saat ini KS TKBM Pelabuhan Tanjung Priok memiliki 30 karyawan dan beranggotakan 2400 tenaga buruh.

(yamin/muhlis)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *