OPTIMALISASI PEMANFAATAN LAHAN, PEMPROV DKI GENCARKAN PENGHIJAUAN FASUM DI JAKARTA

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya melakukan penanaman ratusan pohon dan ribuan tanaman sebagai bentuk upaya penghijauan, serta optimalisasi lahan Fasilitas Umum (Fasum) di Jalan Laksamana Malahayati, Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (6/1).

Kegiatan penanaman pohon bertema ‘Jumat Menanam’ tersebut berlokasi di jalur hijau tepian sungai sepanjang lima kilometer. Saat melakukan penanaman ini, Pj Gubenur Heru didampingi Dirut Perum Jasa Tirta II, Imam Santoso; Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit; Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar dan jajaranya; Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) DKI, Suharini Eliawati; Plt Kepala Dinas Pertamanan, dan Hutan Kota (Distamhut) DKI, Afan Adriansyah; serta Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho.

“Pagi ini kami melakukan penanaman pohon di sepanjang jalur hijau bawah kolong tol Becakayu. Ini lahan punya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dikelola Jasa Tirta II. Jadi ini ada dua (lahan), satunya lagi milik BPJT. Kita ingin menunjukkan bahwa lokasi tersebut harus dirawat. Sekitar ribuan tanaman kita tanam di sepanjang area kolong tol,” ujar Pj Gubernur Heru.

Selain itu, Pj Gubernur Heru juga menitipkan pesan kepada Pemkab Bekasi untuk bekerja sama dengan DKI Jakarta dalam menjaga keasrian dan keindahan kawasan kolong tol Becakayu.

“Hari ini saya titip ke beliau, lokasi yang di Bekasi juga harus seperti itu. Saya minta Pak Bupati (ikut) tanam pohon. Tugas beliau dengan kita adalah sama-sama menjaga keasrian lingkungan agar selalu hijau, sehingga kita dalam upaya menjaga sumber air bersih di Jakarta terus berlanjut,” ujar Pj Gubernur Heru.

“Harapannya, dengan rutinnya dilakukan kegiatan Jumat Menanam ini, lingkungan di sepanjang Kalimalang jadi semakin terjaga, bersih, dan tetap asri. Saya juga minta Jasa Tirta dan BPJT untuk kerja sama dalam menjaga kawasan ini, yang juga dimanfaatkan sebagai kawasan urban farming. Dan mungkin ini akan dibantu pihak Pemkot Jakarta Timur untuk bisa kelola itu,” ia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit menjelaskan ikut mendukung upaya Pemprov DKI dalam upaya pemeliharaan, sekaligus penghijauan kawasan area kolong Tol Becakayu, terutama di kawasan Jalan Laksamana Malahayati, Kalimalang tersebut.

“Kami dari BPJT itu salah satu yang melakukan pengaturan ruas Tol Becakayu. Pada prinsipnya wilayah di bawah elevated structure itu memang sangat penting untuk kita pelihara. Kami sangat bahagia saat ini bisa bersama dalam memelihara jalan tol dan saluran. Maka asetnya juga pasti ikut terjaga,” pungkas Danang.

Perlu diketahui, jumlah Pohon dan Tanaman yang ditanam di area lokasi tersebut totalnya sebanyak 11.950. Rinciannya adalah Dinas Pertamanan dan Hutan Kota menanam sebanyak 200 pohon, terdiri dari 100 Pohon Ketapang Kencana dan 100 Pohon Tabebuya, serta 10.000 Tanaman Hias berupa 5.000 Tanaman Melati Gambir dan 5.000 Tanaman Pilo Kuning.

Sementara itu, dari Dinas KPKP juga ikut melakukan penanaman 350 pohon Jambu Jamaika, 100 Pohon angga, 1.000 Cabai, 100 Terong, 100 Tomat, hingga 100 Kelapa Genjah. Selanjutnya, program Jumat Menanam ini akan dilakukan secara rutin setiap hari Jumat dengan menanam berbagai jenis pohon dan tanaman hias di sejumlah wilayah DKI Jakarta.