Lebaran Bekasi 2020 Gelar Pencak Silat Dan Melaksanakan Protokol Kesehatan

 

Lebaran Bekasi dan menyambut HUT Kabupaten Bekasi ke 70 serta  HUT RI Ke-75 dilaksanakan di lapangan bola Desa Siamur Kecamatan Tambun Bekasi Utara pada hari Sabtu (8/8).

Adapun Hiburan yang diadakan : Bazar UMKM Khas bekasi, Palang pintu, Pencak Silat,Ondel-ondel, Tari topeng, Debus Gabus Bebe, Hadroh,dan  Robot produksi UKM Gabus.

 

Acara terlaksana dengan antusias masyarakat yang sejak pagi telah datang menyaksikan pagelaran budaya khususnya kota dan kabupaten bekasi. Tampak hadir seperangkat pejabat pemerintah, toko masyarakat,  budayawan dan pemerhati budaya masyarakat. Seperti Rahmadsyah dari World Traditional Jejaka. Adapun tema penyelenggaraan lebaran bekasi  kali ini yaitu Merajut Silaturahmi di masa pandemi covid-19. Penyelenggaraan acara ini tetap menjalankan protokol kesehatan dengan hadirnya masyarakat memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.

World traditional Jejaka adalah  jawara jaga agama, jaga Pancasila dan jaga NKRI, Rahmadsyah selaku  Presiden pencak silat Bekasi periode 2017-2024 mengatakan,” Pencak silat tradisi tradisional kota Bekasi di Asia Tenggara, Arab dan Afrika”.

Terkait lebaran bekasi tahun 2020, tradisi ini sudah bergeser ke teknologi canggih dengan adanya jejak digital menjadi generasi muda milenial harus tersadar tradisi yang tidak boleh hilang yang harus di wariskan kepada anak-anak dan mengenalkan bahwa Pencak silat adalah membawa kedamaian,  tidak ada keributan dengan para pencak silat dan ketemu saling bersilaturahmi.

Kondisi pencak silat sudah bangkit di Indonesia terutama badan WHO yang menangani kebudayaan dunia seperti UNESCO sudah di akui di dunia. Silat adalah warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia untuk mempersatukan Nusantara dari Sabang sampai Merauke.Tetap orang Eropa suka dengan pencak silat di indonesia karena dapat membawa nama budaya Indonesia. Pencak silat merupakan adat dan akhlak Indonesia. Pencak Silat adalah seni bela diri dengan menggunakan tendangan, pukulan, kuncian dan bermacam-macam gerakan dengan senjata, dikombinasikan dengan gaya lemah-lembut atau keras.

Harapan kedepannya pencak silat silat di Bekasi saat ini agar naiknya pencak silat di dunia,  dari bekasi sebagai mercursuar dan kota Bekasi sudah di kenal di dunia. Karena Pencak silat dunia saat ini adalah kota/ kabupaten Bekasi.
” Kenapa di akui dunia, karena  Presiden pencak silat adalah orang Bekasi Raya, ” tutup Rahmadsyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.