Walikota Resmikan Stasiun Kerja Biodigester RBS, Koja

Stasiun Kerja Biodigester Diresmikan

KOMINFOTIK JU – Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko bersama Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Syarifuddin dan Direktur Utama Rekosistem PT Khazanah Hijau Indonesia, Ernest C Layman meresmikan stasiun kerja biodigester program pengelolaan sampah organik langsung dari sumber. Dengan volume 12,5 meter kubik, alat biodigester tersebut mampu menampung 250 kg sampah organik perharinya dan membutuhkan waktu 14 sampai 30 hari untuk menghasilkan gas metana 6 sampai 9 kg dan 500 liter pupuk cair.

“Hari ini dilakukan kegiatan kolaborasi sosial berskala besar dengan membawa pembaruan dalam mengelola residu sampah organik dengan bantuan alat biodigester di lingkungan RW 05 Kelurahan Rawa Badak Selatan (RBS). Keberadaan alat ini diharapkan bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi komunitas lokal saja melainkan semuanya,” jelas Sigit Wijatmoko saat meninjau langsung stasiun kerja biodigester di Kawasan Pertanian Perkotaan RW 05 Kelurahan RBS, Kecamatan Koja, Jumat (7/8).

Ia mengapresiasi inovasi pengelolaan sampah organik menjadi gas dan pupuk cair yang merupakan kerjasama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dengan PT Khazanah Hijau Indonesia. “Kita harus terus mengembangkan inovasi untuk mengurangi sampah dari sumber dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berpotensi,” ujarnya didampingi Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Desi Putra dan pejabat terkait lainnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Syarifuddin mengharapkan peran masyarakat untuk ikut mengolah sampah organik dari sumbernya. “Kita punya tanggung jawab yang sama dalam penanganan sampah. Sistem percepatan pembusukan sampah organik ini sebagai karya nyata yang bisa ditiru oleh RW lainnya,” tuturnya.

Sedangkan Ketua RW 05 Kelurahan RBS, Irsyad mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat dalam pembuatan stasiun kerja biodigester di Kawasan Pertanian Perkotaan RW 05. “Ini sebagai bentuk kolaborasi dalam memajukan lingkungan RW 05 RBS. Keberadaan alat ini nantinya akan dimanfaatkan oleh warga sekitar,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.