Sudin Pendidikan Wilayah II Jakut Pantau US Secara Daring di SMPN 30 Jakarta

Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Utara melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 di SMPN 30 Kecamatan Koja, Selasa (6/4). Sedangkan US dilaksanakan secara daring mulai Senin (5/4) hingga Jumat (9/4) mendatang.

“Dikarenakan situasi masih pandemi COVID-19 maka US dilaksanakan secara daring dimana panitia memantau kegiatan US dari sekolah dan anak-anak mengerjakan soal-soal ujian dirumahnya masing-masing. Sampai hari kedua pelaksanaan US, alhamdulillah tidak ada masalah yang berarti karena semua berjalan lancar,” jelas Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Utara, Purwanto saat ditemui di SMPN 30 Jakarta.

Selama lima hari, peserta didik SMP kelas 9 akan menjalani rangkaian US di setiap sekolah secara daring. “Hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia dan PPKN. Untuk hari ini, Matematika dan Seni Budaya. Sampai saat ini tidak ada kendala apapun dalam pelaksanaannya dan peserta US yang berjumlah 216 orang dipastikan hadir semua,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 30 Jakarta, M.Yusuf Corua.

Ia bersama panitia memantau langsung kegiatan US dari sekolah. “US diawali dengan zoom meeting dengan semua peserta untuk memberikan motivasi agar semangat dalam mengerjakan soal-soal ujian. Kemudian setelah selesai US diadakan zoom meeting lagi untuk memberikan arahan persiapan ujian di hari berikutnya. Sedangkan wali kelas bertindak sebagai pengawas US dan guru-guru lainnya tetap bertugas dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh,” terangnya.

Ditambahkannya, nilai US akan langsung muncul saat peserta didik rampung mengerjakan soal-soal ujian. “Nilainya langsung keluar namun peserta US tidak bisa melihatnya nanti panitia US akan mengolahnya karena kelulusan berdasarkan hasil rapat guru. Semoga pelaksanaan US tetap berjalan lancar sampai hari terakhir dan anak-anak akan mendapatkan hasil yang terbaik,” tutur M.Yusuf Corua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.