Jakarta Tanggap Corona, Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Gencarkan Sosialisasi di Ruang Publik

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kelapa Gading menggelar sosialisasi pencegahan virus Corona (COVID-19) di ruang publik. Sosialisasi ini digelar sebagai edukasi masyarakat terhadap agar terhindar dari virus pneumonia tersebut.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading dr Diah Anggraini mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dalam program Jakarta Tanggap Corona. Memberikan informasi mengenai pencegahan COVID-19 yang sengaja digelar di ruang terbuka agar lebih banyak masyarakat yang teredukasi.

“Kami dari Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading menggelar sosialisasi pencegahan COVID-19 di ruang-ruang terbuka. Untuk hari ini kita gelar dua lokasi di mall,” kata Diah, saat ditemui di salah satu mall di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (6/3).

Dijelaskannya, materi sosialisasi yang diberikan antara lain pengertian COVID-19, cara cuci tangan yang baik, hingga penggunaan masker bagi orang yang sakit dan petugas yang berhadapan dengan orang sakit.

Termasuk mengedukasi langkah-langkah bagi masyarakat yang mengalami gejala COVID-19, seperti demam tinggi, batuk, dan bersin.

“Jika ada warga yang mengalami gejala itu maka kita sarankan menggunakan masker, segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit, dan istirahat yang cukup,” jelasnya.

Ke depannya, sosialisasi ini masif digelar di berbagai ruang publik lainnya. Termasuk di berbagai sekolah di kawasan Kelapa Gading.

“Kami masih akan lakukan sosialisasi ini di beberapa mall dan sekolah untuk ke depannya,” terangnya.

Seorang pengunjung mall Karlina (36) mengungkapkan, sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang khawatir dengan penyebaran COVID-19. Ternyata, penyebaran virus itu dapat di cegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Tadi petugas memberikan materi edukasi bagaimana cara mencegah virus Corona. Intinya harus menerapkan PHBS, salah satunya rajin mencuci tangan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.