Kelurahan Warakas Maksimalkan Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia di SMAN 18

Bertempat di Ruang Belajar Kelas SMA N 18 Jakarta, Selasa (2/3/2021) Kelurahan Warakas melaksanakan vaksinasi untuk lansia dengan dihadiri langsung oleh Lurah Warakas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Makhrus Nugroho Darojat,S.IP. Berikut hasil wawancara wartawan Fajar Metro dengan Lurah Makhrus.

“Program ini sesuai dengan instruksi Perda No. 19/2021 Tentang Vaksinasi Dinamis Berbasis Wilayah untuk Lansia bagi warga DKI Jakarta. Sebenarnya di wilayah Kecamatan Tanjung Priok sudah ada dua yaitu di RSUD Tanjung Priok dan RSUP Papanggo.” Awal Lurah Makhrus.

“Namun untuk lebih menjangkau lagi khususnya untuk lansia maka ditambah lagi lokasi vaksinasi dinamis di Kelurahan Sunter Agung dan sudah dibuka, dipilih basis yang paling tinggi. Karenanya Sunter Agung sudah memulai Program Vaksinasi Dinamis sejak hari Senin (1/3/2021) di SMA Negeri 41.” Jelas Lurah Makhrus.

Ditambahkan oleh Makhrus, atas arahan dari Camat Tanjung Priok untuk lebih menjangkau lagi ke masyarakat dibuka lagi basis Vaksinasi Dinamis di Sunter Jaya dan Warakas di SMA Negeri 18.

Dimulai pada Selasa (2/3/2021), telah divaksin sebanyak 100 orang lansia dan antusias masyarakat cukup baik. Ini sampai target semua lansia di Kelurahan Warakas di vaksinasi karena lansia rawan terjangkit Covid-19, sesuai program pemerintah untuk didahulukan agar lansia lebih sehat, lebih kuat dan lebih tangguh lagi dengan terbangunnya imun ditubuh, imbuh Makhrus.

Target kita 2500 lansia yang ada di Kelurahan Warakas terpenuhi, kita meminta kepada masyarakat pengurus RW/RT, kader Posyandu, jumantik dan PKK untuk menghimbau kepada para lansia untuk mahu divaksinasi Covid-19. jangan takut karena berita-berita yang tidak jelas waktu lalu. Sebab ini untuk kesehatan lansia itu sendiri jangan sampai nanti kasus Covid-19 di Warakas jadi tinggi gara-gara lansia tidak mahu divaksin.

Untuk di Kelurahan Warakas sudah ada pelopornya di FKLU ibu Eti dan “Lansia Kembang Mawar” Bapak Dedi dan ibu Kacah. Saya berharap dengan partisipasi dari semua lansia warakas bebas dari Covid-19 meski nanti tetap terus menjaga prokes 3M.

Lebih lanjut Lurah Makhrus menjelaskan bagi warga lansia yabg tidak dapat pergi sendiri ke lokasi vaksinasi akan ada petugas yang menjemput dan mengantarkannya, inikan gratis jangan sampai menunggu kuota habis.

Sebelum divaksinasi diperiksa dahulu riwayat kesehatan bersangkutan tekanan darah, jantung dan gula darahnya apa perlu ditunda atau tidak boleh divaksin, pungkas Lurah Makhrus
(yamin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.