Sosialisasi Cegah Virus Corona Bagi Penghuni Apartemen Green Bay Pluit

Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar sosialisasi pencegahan Virus Corona (nCoV) di Apartemen Green Bay Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/2). Sosialisasi yang diakhiri sesi tanya jawab ini digelar sebagai bentuk edukasi pemahaman hingga pencegahan dari virus yang menjangkit pneumonia dalam tubuh tersebut.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu media tatap muka dalam penyebaran informasi terkait virus corona. Sehingga tidak lagi terjadi kekeliruan informasi yang dapat menyebabkan kekhawatiran masyarakat.

“Yang diutamakan adalah bagaimana meminta masyarakat untuk tetap tenang dan bijak serta bertanggungjawab dalam menggunakan media sosial. Tidak hanya memberikan informasi tapi juga memberikan pemahaman dan ketenangan kepada seluruh masyarakat,” kata Sigit, saat ditemui di Apartemen Green Bay Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/2).

Dijelaskannya, sosialisasi ini juga menginformasikan langkah-langkah antisipatif yang harus dilakukan masyarakat jika terdapat warga yang diindikasikan mengidap virus corona. Harus ada peran aktif masyarakat untuk segera menghubungi manajemen apartemen atau pengurus kewilayahan dan Posko KLB Dinas Kesehatan DKI Jakarta jika mengetahui ada warga yang baru saja kembali dari China sebagai negara endemik virus corona.

“Dengan peran aktif masyarakat ini kita bisa dengan segera memberikan antisipasi maupun langkah-langkah responsif lainnya jika terdapat warga yang diindikasikan mengidap virus corona,” jelasnya.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati menekankan, cara terhindar dari virus corona yakni dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang salah satunya dengan cuci tangan usia beraktivitas, serta menutup mulut saat batuk dan bersin. Konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur juga harus dilakukan agar tidak terjadi penurunan daya tahan tubuh yang dapat memudahkan terjangkitnya virus.

“Yang harus dilakukan jika ingin terhindar dari virus ini yaitu dengan dengan PHBS, mulai dari cuci tangan dengan antiseptik, adab batuk yang bena. Peran aktif masyarakat jika ada warga yang telah pulang dari negara yang terjangkit virus corona juga sangat dibutuhkan. Segera melaporkan itu ke Posko KLB Dinas Kesehatan DKI Jakarta,” terangnya.

General Manager Pengelola Apartemen Green Bay Pluit Evi Karlina mengucapkan syukur atas terselenggaranya sosialisasi pencegahan virus corona. Adanya sosialisasi ini tentunya sangat bermanfaat dalam meluruskan kekeliruan informasi di media sosial. Sehingga kekhawatiran masyarakat tidak lagi tinggi meski tetap harus mawas diri terhadap penyebaran virus.

“Saya sangat bersyukur bisa dilakukan sosialisasi mengenai virus corona. Memberikan pengetahuan yang benar kepada para penghuni sehingga mereka tidak resah dan bisa mengantisipasi dalam menghadapi wabah virus corona,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, peserta sosialisasi yang juga penghuni Apartemen Green Bay Pluit Pramono (49) menyarankan agar sosialisasi serupa terus digencarkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya melalui tatap muka tapi juga menggencarkan sosiliasi melaui media sosial sehingga masyarakat dapat memahami virus dan pencegahannya.

“Materi yang disampaikan cukup jelas. Ada tanya jawab juga. Tapi saran saya harus juga sosialisasi sampai ke tingkat RT/RW. Sehingga seluruh masyarakat memahami apa dan bagaimana virus corona menyebar,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.