Pemkot Jakarta Timur Gelar Rakor Persiapan Jakarta Bebas Pungli 

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Rapat Persiapan Menuju Jakarta Bebas Pungutan Liar di Ruang Aula Ruptama Lantai III, Polres Metro Jakarta Timur, Selasa (31/8/2021).

Kegiatan inisiasi dari Inspektur Pembantu Kota Jakarta Timur tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Ahmad Fanani. Dalam rapat tersebut membahas Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Keputusan Gubernur Nomor 2786 tahun 2016 tentang Unit Pemberantasan Pungutan Liar tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Rakor diselenggarakan dengan tujuan memulihkan kepercayaan publik dengan memberikan kepastian hukum untuk masyarakat.

“Mulai saat ini kita persiapkan dengan harapan dapat terus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme),” katanya.

Sementara itu, Kepala Inspektur Pembantu Kota Administrasi Jakarta Timur, Supendi, menjelaskan, bahwa ada beberapa sektor yang menjadi sasaran kegiatan siber pungli di Jakarta Timur. Diantaranya, pelayanan publik, ekspor dan impor, penegakan hukum, perizinan, kepegawaian, pendidikan, pengadaan barang dan jasa hingga kegiatan yang dapat menimbulkan pungutan liar lainya yang dapat meresahkan masyarakat.

Kedepannya, lanjut Supendi, kegiatan pencegahan ini akan disosialisasikan kepada para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) di lingkungan Kota Jakarta Timur.

“Dengan itu, utamanya kita satukan visi kebersamaan dalam pelaksanaan kegaiatan siber pungli dengan mengedepankan pencegahan, penindakan, penyelidikan hingga yustisi,” jelas Supendi.