KSBB Wadah Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran

Sesuai dengan Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 35 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, KSBB menjadi salah satu wadah untuk mengkoordinir bantuan masyarakat agar tepat sasaran. Hal itu diungkapkannya ketika memimpin rapat program KSBB melalui video conference di Ruang Fatahillah, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (30/4).

“Pemerintah berperan mengkordinasikan nantinya donatur bisa berpartisipasi langsung dan memilih lokasi penerima bantuan. Para donatur akan mengisi sesuai format yang ada dalam sistem dengan mengakses corona.jakarta.go.id,” jelasnya didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman.

KSBB merupakan gerakan membantu sesama dari masyarakat untuk masyarakat di Provinsi DKI Jakarta dengan menghubungkan masyarakat pemberi dan penerima bantuan. Sedangkan penerima bantuan KSBB diprioritaskan terhadap RW, yayasan yatim piatu, pesantren, panti jompo, panti disabilitas dan lokasi prioritas lainnya.

“Dalam kegiatan KSBB, Pemprov DKI Jakarta berperan sebagai penyedia platform bagi donatur dan penerima bantuan. Kemudian mempersiapkan data warga yang layak menerima bantuan, mempertemukan dengan donatur yang ingin berkontribusi melalui platform KSBB dan semua proses kegiatan KSBB dapat terlaksana dengan transparan dan akuntabel,” terang Herlinda Harmaini, Kasudin Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Utara

Ia menambahkan, KSBB adalah program kolaborasi Pemprov DKI Jakarta sebagai penyedia platfrom bagi inisiatif bantuan kemanusiaan dari warga yang sejahtera ke warga yang kurang beruntung. “Seperti sasaran yang tepat, menerapkan tata kelola yang baik, kredibilitas yang dijaga dan variasi pilihan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.