FMOL | Berita Selengkapnya

PEMBINAAN KELURAHAN SADAR HUKUM TINGKAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA DI KELURAHAN TANJUNG PRIOK TAHUN 2019

Kategori > IBUKOTA

Dalam rangka pembinaan peran serta masyarakat dalam peningkatan kesadaran hukum menuju Jakarta Maju Kotanya Bahagia Warganya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Biro Hukum DKI Jakarta bersama Kemenhukham RI, menggelar sosialisasi Kelurahan Sadar Hukum pada Selasa (26/3/2019) bertempat di Aula Kantor Lurah Tanjung Priok Jakarta Utara.

Acara dibuka oleh Sekretaris Kelurahan Tanjung Priok Jakarta Utara Sigit Riyanto dan diawali dengan lagu Indonesia Raya serta do'a oleh Ketua LMK Tanjung Priok Jalaluddin, SAg

Memberikan narasumber dalam acara ini, Lestari Sejati Pratiwi, SH dari Kanwil Kemenkumham Provinsi DKI Jakarta, Kesuma Wardani, SH dari Bagian Hukum Walikota Jakarta Utara, dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenhukham RI Ridwan, Agus Syahputra dan Dari Dinas LH DKI Jakarta Tata Kartadiharja bidang PSM.

Dengan dipandu oleh moderator Rodiah dari Biro Hukum DKI Jakarta. memberikan gambaran tentang penataan hukum di wilayah Kelurahan Tanjung Priok, jangan ada satupun warga yang tidak faham atau belum mengerti tentang ketentuan hukum yang berlaku di pemerintahan.

"Tidak ada perbedaan strata baik simiskin atau sikaya semua mendapat tempatnya dalam hukum di Indobesia. Apalagi Kelurahan Tanjung Priok telah mendapat sertifikasi sadar hukum".

Nara sumber pertama Ridwan memberikan materi Penilaian Kelurahan Sadar Hukum melalui proses pembentukan dan pembinaan Desa/Kelurahan sadar hukum.

1. Akses informasi Hukum.
2. Implementasi Hukum.
3. Akses Keadilan.
4. Akses Demokrasi dan Regulasi.

Kemudian nara sumber selanjutnya Lestari memberikan materi tentang Kadarkum dan Bantuan Hukum serta dasar hukumnya secara gratis, dibagi atas bantuan di dalam hukum (ligitasi) seperti pengadilan dsb atau bantuan dluar hukum (non ligitasi) seperti mediasi dsb, keberadaan bantuan hukum ini berupa lembaga bantuan hukum (LBH) yang sudah terdaftar di Kemenhukham.

Pemberian materi dari Tata Kartadiharja, tentang regulasi pengelolaan sampah, mulai dari sumber sampah sampai tempat pengolahan sampah akhir (TPSA) di Bantar Gebang, Bekasi. Peran masyarakat sangat penting guna mengurangi penggunaan sampah plastik terutama kepada ibu-ibu PKK dapat menanggulangi penumpukan sampah di TPSA.

Nara sumber selanjutnya, dari Tata Pemerntah DKI Jakarta Agus Syahputra memberikan materi peran RT/RW sebagai organisasi ujung tombak pelaksana regulasi pemerintah. Dalam aturannya penegakan hukum di wilayah pemerintahan RT/RW mesti sesuai dengan hukum dan UU yang berlaku.

Regulasi yang baru, menurut Agus Pemda DKI akan meninjau ulang pemberian OP kepada RT/RW dengan mengganti melalui pemberdayaan organisasi kemasyarakatan yang ada di wilayah masing-masing.

"Apabila ada pelanggaran Perda, aparat yang korupsi dsb dapat melalui kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta."

Agus juga menjelaskan tentang aplikasi terbaru Pemprov DKI Jakarta, bernama JAKPOTRET, yang. memintakan responden dan pendapat masyarakat atas kinerja Camat dan Lurah bersangkutan.

Hadir para peserta Ketua RW, LMK, FKDM, PKK, dan Karang Taruna serta Tokoh masyarakat se Kelurahan Tanjung Priok Jakarta Utara. (yamin/tim)

KATEGORI

NASIONAL


IBUKOTA
DAERAH
HUKUM & KRIMINALITAS
POLITIK
PENDIDIKAN
EKONOMI
KESEHATAN
SOSIAL
OLAHRAGA
HIBURAN
INTERNASIONAL
MILITER & KEPOLISIAN
WISATA
TENAGAKERJA
AGAMA

 

BERITA KINI

Dipimpin Asekbangko Ribuan ASN Jakarta Utara Bacakan Ikrar Pernyataan Sikap Pemilu 2019
(17-04-2019)


Bawaslu Kota Jakarta Utara Tak Masalahkan Pemberian "Uang Politik" Kepada Saksi Pemilu.
(17-04-2019)
Kasatpol PP Jakut Yusup Madjid Bentuk URC Antisipasi Pelanggaran Ketertiban Umum
(09-04-2019)
Menteri Perhubungan RI Mengapresiasi Aptrindo Deklarasi
(09-04-2019)
SOSIALISASI 4 PILAR MPR RI DAN PPNI DKI JAKARTA TAHUN 2019
(08-04-2019)
DEKLARASI BUGIS-MAKASSAR RANTAU Untuk PRABOWO-SANDI
(03-04-2019)
Silahturahmi Dubes RI Untuk Lebanon Dengan Komandan Kontingen Indonesia UNIFIL 2019
(03-04-2019)
Film Bumi Itu Bulat Menyebarkan Pesan Positif Melalui Kisah Persahabatan dan Toleransi Generasi Muda yang menjadi Kekuatan Bangsa Indonesia
(02-04-2019)
KAMEELA HIJABKU TREND SYAR’I DI INDONESIA
(02-04-2019)
Launching Dan Bedah Buku
(02-04-2019)