FMOL | Berita Selengkapnya

DIALOG PUBLIK RELAWAN KESEHATAN INDONESIA KOLEKTIF PIMPINAN DAERAH KOTA JAKARTA UTARA

Kategori > KESEHATAN


Dalam rangka meingkatkan pemahaman tentang kesehatan lebih baik bagi masyarakat Jakarta Utara khususnya diwilayah Kelurahan Koja yang berdampingan dengan RSUD Koja Jakarta Utara, Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) Kolektif Pimpinan Daerah Kota Jakarta Utara mengelar dialog publik dengan bermottokan "Menjadikan Masyarakat Cerdas dalam Menanggulangi dan Menangani Wabah DBD di Jakarta Utara". Kegiatan ini berlangsung pada Ahad (24/3/2019) bertempat di RPTRA Kelurahan Koja Jakarta Utara.

Ketua Rekan Indoneisa Jakarta Utara Liyas Azis menjelaskan kepada FMOL bahwa kwgiatan ini muncul karena masih banyaknya masyarakat yang susah mengakses ke RS meski memiliki BPJS, bahkan pasien DBD sekalipun. Mudah-mudahan dengan dialog ini akan menghasilkan solusi terbaik bagi semua.

Dikesempatan ini dari RSUD Koja, dr. Dedi menjelaskan tentang epidemik virus demam berdarah masyarakat dan penanggulangannya, dalam hal ini juga bagaimana peran RSUD membantu masyarakat dan pemerintah menekan penyebaran penyakit DBD dan peningkatannya. mengucapkan juga terima kasih kepada relawan yang bertugas selama ini.

Kepada relawan, dianjurkan mesti terus meningkatkan pengetahuan tentang DBD, karenapenyakit ini di Jakarta sudah menjad epidemik yang sulit dihilangkan. Untuk warga Jakarta Utara sekitanya bila ada penderita DBD yang masuk RSUD mesti satu pintu.

Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, Dr. Yudi Dimyati yang sebelumnya betugas di Sudin Kesehatan Kabupaten Kepulauan Seribu, menyampaikan keunggulan RSUD Koja yang selalu menerima pasien tanpa batasan. Dijelaskan pula oleh Yudi agar masyarakat merujuk ke Puskesmas Koja yang kelengkapan dan petugas kesehannya sudah cukup lengkap, sehingga tidak ada penumpukan pasien di RSUD. Bagi pasien yang belum memiliki BPJS akan dibantu oleh kami.

Bagi pasien yang tidak mampu berjalan akan dijemput oleh tim dari RSUD Koja, bila sampai terjadi kendala dilapangan akan kami atasi sesegera mungkin terutama untuk penyakit DBD.

Pembicara selanjutnya, dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr.Nabila menjelaskan tentang kemajuan gerak dari Rekan Idonesia selaku relawan dalam penanggulangan dan penanganan penyakit epidemik termasuk DBD. Salah satu program untuk jumantik ialah pencegahan melalui sosialisasi DBD dengan gerakan semprot satu rumah satu jumantik. Kita mesti gerak berjenjang mulai dari rumah sendiri, puskesmas sampai RSUD. ditambahkan pula penanggulan secara tradisional dengan penanaman pohon anti nyamuk dan sebagainya.

Peran kita seperti puzzle, dimana informasi dan penanganan dapat diupload ke internet melalui sistem, sehingga kecepatan komunikasi secepatnya. Dijelaskan pula peran Dinas LH dalam menangani PSN di twmpat-tempat tak bertuan seperti pemakaman, hutan kota, dan lahan tak bertuan lainnya.

Disarankan pula peran Karang Taruna sebagai petugas Fogging fokus serentak setiap pekan disekolah dan tempat umum lain, disini perlu pelatihan fogging kepada petugas. (yamin/tim)

KATEGORI

NASIONAL


IBUKOTA
DAERAH
HUKUM & KRIMINALITAS
POLITIK
PENDIDIKAN
EKONOMI
KESEHATAN
SOSIAL
OLAHRAGA
HIBURAN
INTERNASIONAL
MILITER & KEPOLISIAN
WISATA
TENAGAKERJA
AGAMA

 

BERITA KINI

Dipimpin Asekbangko Ribuan ASN Jakarta Utara Bacakan Ikrar Pernyataan Sikap Pemilu 2019
(17-04-2019)


Bawaslu Kota Jakarta Utara Tak Masalahkan Pemberian "Uang Politik" Kepada Saksi Pemilu.
(17-04-2019)
Kasatpol PP Jakut Yusup Madjid Bentuk URC Antisipasi Pelanggaran Ketertiban Umum
(09-04-2019)
Menteri Perhubungan RI Mengapresiasi Aptrindo Deklarasi
(09-04-2019)
SOSIALISASI 4 PILAR MPR RI DAN PPNI DKI JAKARTA TAHUN 2019
(08-04-2019)
DEKLARASI BUGIS-MAKASSAR RANTAU Untuk PRABOWO-SANDI
(03-04-2019)
Silahturahmi Dubes RI Untuk Lebanon Dengan Komandan Kontingen Indonesia UNIFIL 2019
(03-04-2019)
Film Bumi Itu Bulat Menyebarkan Pesan Positif Melalui Kisah Persahabatan dan Toleransi Generasi Muda yang menjadi Kekuatan Bangsa Indonesia
(02-04-2019)
KAMEELA HIJABKU TREND SYAR’I DI INDONESIA
(02-04-2019)
Launching Dan Bedah Buku
(02-04-2019)