FMOL | Berita Selengkapnya

"Safety First", Tema Utama Deklarasi Pengusaha Dan Pengemudi Truk Indonesia

Kategori > EKONOMI


Dalam deklarasi ini akan melibatkan ratusan pengusaha Truck, stakeholder serta pengemudi angkutan barang, selain itu kami juga telah mengundang Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Hal ini disampaikan Kyatmaja Lookman selaku wakil ketua Assosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) dalam keterangan tertulisnya kepada awak media pada, Rabu (13/2/2019) terkait kegiatan acara Deklarasi Pengusaha dan Pengemudi Truk menjadikan Pelopor mengutamakan keselamatan. Dan dalam kegiatan kali ini dengan mengusung tema “Keselamatan Adalah Nomor Satu (Safety First)”.

Dalam keterangannya, Lookman memaparkan bahwa Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) memandang perlu adanya gerakan yang dapat membangkitkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan dalam berkendara dijalan khususnya pengemudi truk angkutan barang.

“Gerakan ini pernah kami adakan sebelumnya pada bulan Maret 2017 melibatkan stakeholder dan pengusaha truk, untuk memaksimalkan komitmen atas keselamatan ini maka kami anggap perlu untuk melakukan lagi di Maret 2019 ini dengan melibatkan kembali stakeholder, pengusaha dan pengemudi truk seluruh Indonesia,” paparnya.

Masih kata Lookman, sehubungan dengan tingginya angka kecelakaan di jalan raya setiap harinya. Diperkirakan 2 atau 3 orang meninggal perjam atau sekitar 26.000 hingga 29.000 jiwa meninggal per tahun karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sehingga menimbulkan kerugian cukup besar baik moril maupun materil, hal ini juga menjadi pemicu kesengsaraan hingga mengakibatkan kemiskinan baru.

“Sekitar 70% kecelakaan di jalan tol juga melibatkan Truk (50 kejadian perharinya), tingkat fatalitas kecelakaan yang tinggi diakibatkan oleh rem blong, dan lebih dari 75% Pelanggaran overloading terdapat di jembatan timbang,” ujar Lookman.

Berdasarkan hal inilah, para pengusaha dan pengemudi truk, yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) berkomitmen dan akan memadati Pelabuhan Tanjung Priok, pada Minggu pagi 17 Maret 2019, dalam rangka mensukseskan deklarasi yang digelar.

“Deklarasi yang akan diselenggarakan bertempat di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), dengan melibatkan Pengusaha, Stakeholder dan Pengemudi Angkutan Barang, peserta mencapai kurang lebih sekitar 10.000 orang,” ungkap Lookman.

Dan tentunya yang pasti, Lookman melanjutkan, bahwa maksud dan tujuan acara ini untuk meningkatkan kualitas pengemudi yang memiliki komptensi yang berstandar Nasional maupun Internasional.

“Selain juga tentunya dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara, ketertiban dan kelancaran angkutan barang dengan kendaraan berstandar Internasional, muatan standar, sehingga menghilangkan overdimensi dan overload,” pungkasnya.(LN/Zar)

KATEGORI

NASIONAL


IBUKOTA
DAERAH
HUKUM & KRIMINALITAS
POLITIK
PENDIDIKAN
EKONOMI
KESEHATAN
SOSIAL
OLAHRAGA
HIBURAN
INTERNASIONAL
MILITER & KEPOLISIAN
WISATA
TENAGAKERJA
AGAMA

 

BERITA KINI

Dipimpin Asekbangko Ribuan ASN Jakarta Utara Bacakan Ikrar Pernyataan Sikap Pemilu 2019
(17-04-2019)


Bawaslu Kota Jakarta Utara Tak Masalahkan Pemberian "Uang Politik" Kepada Saksi Pemilu.
(17-04-2019)
Kasatpol PP Jakut Yusup Madjid Bentuk URC Antisipasi Pelanggaran Ketertiban Umum
(09-04-2019)
Menteri Perhubungan RI Mengapresiasi Aptrindo Deklarasi
(09-04-2019)
SOSIALISASI 4 PILAR MPR RI DAN PPNI DKI JAKARTA TAHUN 2019
(08-04-2019)
DEKLARASI BUGIS-MAKASSAR RANTAU Untuk PRABOWO-SANDI
(03-04-2019)
Silahturahmi Dubes RI Untuk Lebanon Dengan Komandan Kontingen Indonesia UNIFIL 2019
(03-04-2019)
Film Bumi Itu Bulat Menyebarkan Pesan Positif Melalui Kisah Persahabatan dan Toleransi Generasi Muda yang menjadi Kekuatan Bangsa Indonesia
(02-04-2019)
KAMEELA HIJABKU TREND SYAR’I DI INDONESIA
(02-04-2019)
Launching Dan Bedah Buku
(02-04-2019)