YPBTN Pertanyakan Legalitas Acara YRKI

Kategori > NASIONAL

FMOL (fajarmetro.com) -

Dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan Anggota DPR RI sekaligus Caleg DPR-RI PDI Perjuangan Dapil DKI Jakarta III, yaitu Darmadi Durianto saat acara Parade Nusantara Cap Go Meh 2019. Yang diselenggarakan oleh Yayasan Pelestarian Budaya Tao Nusantara (YPBTN), di Krendang, Tambora, Jakarta Barat, pada Minggu (24/02) lalu.

Pasalnya, pelanggaran yang dilakukan Darmadi Durianto pada waktu itu. Pembina YPBTN, Liauw Edy Sud yang juga sebagai penanggung jawab acara mengatakan, sebelum adanya kegiatan kita sudah menyusun susunan panitia dan laporan ke pihak Polsek Tambora, Tamansari juga Polres Metro Jakarta Barat untuk meminta ijin, sedangkan awal acara ialah konvoi parade, rutenya sendiri dari Krendang sampai taman Fatahillah kemudian kembali lagi ke Krendang.

"Saat dari taman Fatahillah ke Krendang, kami sudah dikagetkan dengan situasi yang berubah total. Yaitu adanya spanduk bertuliskan Yayasan Rumah Kebangsaan Indonesia 'DD Tambora' (YRKI) disertai hadirnya Darmadi Durianto bersama puluhan tim suksesnya, kalaupun dia (Darmadi-red) sebagai anggota DPR atau pejabat negara.
Kalau pejabat negara kenapa harus membawa tim sukses puluhan orang dan alat peraga lainnya, seperti beberapa ambulance dengan stiker Caleg DPR RI Darmadi Durianto. Selain itu juga mereka mengacungkan jari satu, yang merupakan nomor urut Darmadi Durianto.
Hal itulah yang mendominasi masyarakat seoalah itu acara YRKI," ucap pria yang biasa disapa suhu Edy saat jumpa pers bersama wartawan, di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (12/03).

Pihaknya juga mengaku mengalami kerugian yang cukup besar, akibat dari kejadian tersebut. Kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta itu, Edy mengungkapkan, bahwa pihak donatur dan tamu undangan merasa kecewa dan memilih untuk meninggalkan tempat acara.

Ia juga beralasan adanya panggung di depan Vihara, karena memang tak mencukupi kapasitasnya, maka panitia mendirikan tenda dan panggung persis di depan Vihara. "Dengan adanya acara YRKI yang kita tidak ketahui munculnya, hal itu menyebabkan sponsor, donatur, peserta lelang dan masyarakat lainnya meninggalkan tempat acara yang belum selesai.
Namun justru ditunggangi oleh YRKI dengan bernyanyi-nyanyi bersama artis yang diundangnya," ungkapnya.

Suhu Edy juga menegaskan, bahwa acaranya ialah murni keagamaan bukan kampanye.
Kami juga heran di satu tempat, jam dan hari yang sama terdapat dua acara, padahal sepengetahuan kami acara itu hanya diselenggarakan oleh pihak kami yaitu dari YPBTN bukan YRKI DD Tambora. Ia juga mempertanyakan legalitas perijinan juga undangan resmi yang ditunjukkan untuk Darmadi selaku Anggota DPR RI.

Sebelumnya YPBTN telah melaporkan Darmadi Durianto atas pelanggaran Pemilu kepada Bawaslu Jakarta Barat, Rabu (06/03).

"Saya berharap Bawaslu dapat bekerja secara profesional dan objektif dalam melihat unsur pelanggarannya," ucap Eddy.

Kuasa hukum YPBTN, M. Linggar Afriyadi akan mengkaji dan mendalami lagi apakah ada unsur terkait pidana umum atau tidak, karena ini adalah persoalan pertanggungjawaban dimana pihak yayasan merasa dirugikan dan merasa ditipu dengan adanya persoalan ini. Dengan adanya dualisme yayasan yang ada di acara tersebut, pihak YPBTN merasa ternodai dan merasa tertipu dengan keadaan ini ketika amanah yang diberikan yayasan untuk menyelenggarakan acara, tiba-tiba hadir yayasan lain.

Kehadiran pelapor di Bawaslu kemarin (12/03), guna melengkapi alat bukti dugaan pelanggaran kampanye terselubung. Lantaran tak adanya pimpinan Bawaslu yang masih bertugas diluar, maka pelapor mengurungkan niatnya.

"Untuk saat ini kami masih terfokus pada persoalan pelanggaran Pemilu.
Tetapi tidak menutup kemungkinan kami juga memiliki upaya hukum lain terkait dengan splitsing yang seharusnya yayasan kami berperan di acara tersebut, tetapi ada yayasan lain yang kemudian mengambil alih.
Kami berharap dengan adanya kejadian ini, Bawaslu bertindak agar tidak ada lagi insiden-insiden buruk ke depan," tegas Linggar.
(Lala N)

Kemudahan Bertransaksi Menggunakan Aplikasi TrueMoney via QR Coda Di Merchant OttoPay
27-03-2019
PT Reksa Transaksl Sukses Makmur (OttoPay) seb ...

TIMUR INDONESIA BERSATU AKAN MENGGELAR LONG MARCH KEBANGSAAN
26-03-2019
Sejumlah masyarakat Indonesia Timur (Papua, Ma ...

PEMBINAAN KELURAHAN SADAR HUKUM TINGKAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA DI KELURAHAN TANJUNG PRIOK TAHUN 2019
26-03-2019
Dalam rangka pembinaan peran serta masyarakat dal ...

Diskusi Publik Selamatkan Demokrasi Melawan Segala Bentuk Imtimidasi # KITA TIDAK TAKUT
25-03-2019
Komunitas #KitaTidakTakut* mengadakan diskusi de ...

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Pastikan Pemenuhan Hak Anak
25-03-2019
1.103 Anak dari Lembaga Pemasyarakatan Khusus ...

DIALOG PUBLIK RELAWAN KESEHATAN INDONESIA KOLEKTIF PIMPINAN DAERAH KOTA JAKARTA UTARA
24-03-2019
Dalam rangka meingkatkan pemahaman tentang keseh ...

Bersama Tim Dokter Alumni UI, Hj. Evi Mafriningsianti Laksanakan Baksos Kesehatan untuk Warga Bekasi Timur
23-03-2019
Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Bekasi dari ...

FESTIVAL OLAH RAGA SEPANJANG TAHUN CABOR FUTSAL JAKARTA UTARA TAHUN 2019
23-03-2019
Setelah melalui tahapan dari mulai tingkat RT/RW, ...

10.000 Pengusaha Deklarasikan Dukungan ke Jokowi-Amin
22-03-2019
Sebanyak 10.000 pengusaha yang tergabung dalam kel ...

DUBES LBBP RI BESERTA SISWA SENIOR HIGH SCHOOL LEBANON IKUTI OPEN SHIP DI KRI SULTAN HASANUDDIN-366
22-03-2019
Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI ...

SPACE IKLAN 300X100

SPACE IKLAN 300X100

SPACE IKLAN 300X100

POLITIK


10.000 Pengusaha Deklarasikan Dukungan ke Jokowi-Amin
22-03-2019
Sebanyak 10.000 pengusaha yang tergabung dalam kelompok relawan Pengusaha Pekerja Pro Jokowi (KerJo) mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon ... selengkapnya


EKONOMI


"Safety First", Tema Utama Deklarasi Pengusaha Dan Pengemudi Truk Indonesia
15-03-2019
Dalam deklarasi ini akan melibatkan ratusan pengusaha Truck, stakeholder serta pengemudi angkutan barang, selain itu kami juga telah mengundang Pres ... selengkapnya

SOSIAL-BUDAYA


Warga Jakut akan Usulkan Penataan Transportasi ke Gubernur Dki Jakarta
18-03-2019
Perwakilan Dari " ALIANSI" Jakarta Utara Menggugat M.Rifai Alias Toche Mengatakan Warga Jakarta Utara yang tergabung dalam 21 organisasi massa dan ... selengkapnya

PENDIDIKAN


Tasyakuran Peresmian Penempatan Gedung Baru SDN SUNTER AGUNG 09 Tanjung Priok
05-02-2019
– SDN Sunter Agung 09 kini memiliki gedung setinggi empat lantai berlokasi di Jalan Sunter Permai Raya No. 21 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, ... selengkapnya

KESEHATAN


DIALOG PUBLIK RELAWAN KESEHATAN INDONESIA KOLEKTIF PIMPINAN DAERAH KOTA JAKARTA UTARA
24-03-2019
Dalam rangka meingkatkan pemahaman tentang kesehatan lebih baik bagi masyarakat Jakarta Utara khususnya diwilayah Kelurahan Koja yang berdampingan d ... selengkapnya


OLAH RAGA


FESTIVAL OLAH RAGA SEPANJANG TAHUN CABOR FUTSAL JAKARTA UTARA TAHUN 2019
23-03-2019
Setelah melalui tahapan dari mulai tingkat RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan, Pemerintah Kota Adminstrasi Jakarta Utara melalui Sudin Porda Jakarta Utara ... selengkapnya

TENAGA KERJA


RAT DAN PEMILIHAN KETUA KOPERASI KARYA SEJAHTERA TKBM TANJUNG PRIOK PERIODE 2019-2023
06-03-2019
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan kesejahteraan anggota Koperasi Sejahtera Tenaga Kerja Bongkar Muat (KS TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok Jaka ... selengkapnya

HIBURAN


Gila ! Durian Tasikmalaya Harganya 14 Juta Per Butir
27-01-2019
Durian J-Queen Rp 14 Juta Per Butir, Sehari Dipajang Sudah Laku 2 Butir, Penemunya Orang Tasikmalaya. Durian J-Queen seharga Rp 14 juta per butir ... selengkapnya
REDAKSI

Media Berita FAJAR METRO ON LINE (FMOL) (www.fajarmetro.com) Diterbitkan Oleh : PT MEGA SAMUDERA NUSANTARA SK KEMENHUKHAM : AHU-0031179 AH 01.09.Th 2011 Redaksi / Tata Usaha FAJAR METRO: Gedung Pola Sekretaris Negara Jl. Proklamasi N0. 56 Jakarta Pusat Tlp: 021-70085512, 021-71073207 e-mail : fajarmetronusantara@yahoo.com atau hubungi redaksi +6281213995008. Redaksi/Tata Usaha : Pemimpin Perusahaan: M. Z. Suat,SH, Pemimpin Redaksi: Yan Matulessy, Wakil Pemimpin Redaksi/Redaksi Pelaksana: M. Y. Panggabean, Dewan Redaksi : M. Yamin, Kodim Sofyan, Andi Sudarto, Andi Ahmad Jani, M. Fauzan, Lala Labora, Helmirza Rachim (Jabodetabek), Asep Setiawan, Deny, Kosasih, Ramdan, Irma Y (Jawa Barat), M. Aziz (Jawa Tengah), Arifin A. (Indonesia Tengah), Y. Matulessy, Sarman (Indonesia Timur), Irma Y.(Timur Tengah), Falahullah (Priangan Timur), Mahmud, Arta Wijaya, M. Ali, Ali Afghan; M. Kamel Achmad, Rizal Wadjo, M. Ali Umasangaji, Abd. Lasani Tafalas (Maluku Utara); Syarifudin (Bengkulu), Misdaryanto (Lampung), M. Fanio Mirza Djamil (Bogor), Muksin (Bekasi), M. Ali Turo (Jawa Barat)
Wartawan FAJAR METRO Dilengkapi dengan KTA dan Surat Tugas yang Masih Berlaku, Setiap Wartawan yang Bertugas Menjunjung Tinggi UU Pers No.40/1999 dan Kode Etik Jurnalistik serta Patuh Pada Peraturan dan Tata Tertib Administrasi Redaksi FAJAR METRO.

Penting ! Isi Berita Tanggung Jawab Penulis