Canangkan WBBM, Pemberian Hak Narapidana Semakin PASTI

Kategori > HUKUM & KRIMINALITAS

FMOL (fajarmetro.com) -
Layanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan masyarakat kini tak lagi sulit dan mengubah hari menjadi menit. Tak hanya itu, pemenuhan hak WBP berbalut teknologi informasi menjadi jawaban Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, dan Inovatif (PASTI) demi menghilangkan maraknya isi pungutan liar serta proses birokrasi yang berbelit-belit.

Keberhasilan enam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan meraih peredikat satuan kerja (satker) Wilayah Bebas Korupsi (WBK), yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Metro, Lapas Salemba, Lapas Cibinong, Lapas Perempuan Malang dan Rumah Tahanan Negara Cirebon pada tahun 2018 serta Lapas Perempuan Semarang tahun 2015 semakin menggelorakan semangat meningkatkan pelayanan di lingkungan Pemasyarakatan.

Hal ini diwujudkan melalui Deklarasi Pemberian Hak Remisi, Integrasi Narapidana dan Anak serta Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) UPT Pemasyarakatan, Rabu (6/3) di Lapas Cibinong sebagai rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-55.
Deklarasi ini dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ketua Ombudsman RI, Ketua Badan Nasional Pemberantasan Terorisme, para pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM pusat dan Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat, Bupati Bogor, serta mitra kerja lainnya.

“Saya katakan pada jajaran bahwa kita perlu reform dan Pemasyarakatan menanggapinya dengan menjadikan hal ini sebuah momentum untuk melakukan perubahan secara menyeluruh,” tegas Menkumham, Yasonna H. Laoly, Rabu (6/3).

Ia mengingatkan pembangunan Zona Integritas menuju WBBM tidak akan terasa dampak dan manfaatnya jika tidak menggarap secara serius sektor pelayanan publik. Kini semua proses Pemasyarakatan dapat dipantau dan secara realtime selalu terupdate penanganannya, termasuk dalam pemberian hak narapidana.

“Dengan adanya informasi ini diharapkan menjadi sebuah stimulan bagi WBP dalam mengikuti pembinaan dan sebagai warning jika mereka akan melakukan pelanggaran, sekaligus menepis keraguan sehingga memberikan kepastian terhadap masyarakat ditengah-tengah kondisi kesimpangsiuran, ketidakjelasan, dan segala sesuatu yang unpredictable terkait penyelenggaraan pemberian hak narapidana,” harap Yasonna.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, menegaskan deklarasi ini membuktikan keinginan untuk mengubah budaya kerja dan semangat meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemasyarakatan selalu bergelora dari waktu ke waktu.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang komitmen dan keseriusan pemerintah, khususnya dalam hal transparansi dan akuntabilitas pada pemberian hak remisi dan integrasi bagi narapidana dan Anak serta reformasi pelayanan publik Pemasyarakatan yang telah mengalami perubahan,” tuturnya.

Deklarasi ini dirangkaikan dengan peninjauan sarana pelayanan publik, peresmian sistem layanan Anjungan Transaksi Mandiri (ATM) kunjungan dan dinding inspirasi; launching program unggulan Lapas Cibinong menuju WBBM, yakni ATM Kunjungan, L-Cibi Goes To School, Jempola L-Cibi (Jemput Bola Lapas Cibinong), Program D’Best Kunjungan (Doa Bersama Tamu Kunjungan), dan Program Si Prala L’Cibi (Silaturahmi Pramuka Lapas Cibinong) antara Lapas Cibinong dengan Kwarcab Bogor; serta wisuda Sekolah Tinggi Teologia Victory program 1 (satu) tahun.

Ada pula simulasi peningkatan pelayanan pemberian hak remisi, integrasi bagi narapidana dan Anak berbasis IT, penyerahan secara simbolis bantuan pengelolaan air bersih dan peninjauan peternakan terpadu Lapas Cibinong, serta penyerahan Surat Keputusan bagi WBP oleh Menkumham.

Sebagai informasi, narapidana dan Anak yang diusulkan program remisi adalah sebagai berikut: Remisi Umum Dewasa 97.433 orang, Remisi Umum Anak 1.594 orang, Remisi Khusus Dewasa 88.266 orang, Remisi Khusus Anak, 934 orang. Adapun narapidana dan Anak yang akan diusulkan program integrasi adalah sebagai berikut: Asimilasi 11.490 orang, PB 32.409 orang, CB 9.826 orang, dan CMB 1.306 orang. (Lala N)

Kemudahan Bertransaksi Menggunakan Aplikasi TrueMoney via QR Coda Di Merchant OttoPay
27-03-2019
PT Reksa Transaksl Sukses Makmur (OttoPay) seb ...

TIMUR INDONESIA BERSATU AKAN MENGGELAR LONG MARCH KEBANGSAAN
26-03-2019
Sejumlah masyarakat Indonesia Timur (Papua, Ma ...

PEMBINAAN KELURAHAN SADAR HUKUM TINGKAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA DI KELURAHAN TANJUNG PRIOK TAHUN 2019
26-03-2019
Dalam rangka pembinaan peran serta masyarakat dal ...

Diskusi Publik Selamatkan Demokrasi Melawan Segala Bentuk Imtimidasi # KITA TIDAK TAKUT
25-03-2019
Komunitas #KitaTidakTakut* mengadakan diskusi de ...

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Pastikan Pemenuhan Hak Anak
25-03-2019
1.103 Anak dari Lembaga Pemasyarakatan Khusus ...

DIALOG PUBLIK RELAWAN KESEHATAN INDONESIA KOLEKTIF PIMPINAN DAERAH KOTA JAKARTA UTARA
24-03-2019
Dalam rangka meingkatkan pemahaman tentang keseh ...

Bersama Tim Dokter Alumni UI, Hj. Evi Mafriningsianti Laksanakan Baksos Kesehatan untuk Warga Bekasi Timur
23-03-2019
Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Bekasi dari ...

FESTIVAL OLAH RAGA SEPANJANG TAHUN CABOR FUTSAL JAKARTA UTARA TAHUN 2019
23-03-2019
Setelah melalui tahapan dari mulai tingkat RT/RW, ...

10.000 Pengusaha Deklarasikan Dukungan ke Jokowi-Amin
22-03-2019
Sebanyak 10.000 pengusaha yang tergabung dalam kel ...

DUBES LBBP RI BESERTA SISWA SENIOR HIGH SCHOOL LEBANON IKUTI OPEN SHIP DI KRI SULTAN HASANUDDIN-366
22-03-2019
Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI ...

SPACE IKLAN 300X100

SPACE IKLAN 300X100

SPACE IKLAN 300X100

POLITIK


10.000 Pengusaha Deklarasikan Dukungan ke Jokowi-Amin
22-03-2019
Sebanyak 10.000 pengusaha yang tergabung dalam kelompok relawan Pengusaha Pekerja Pro Jokowi (KerJo) mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon ... selengkapnya


EKONOMI


"Safety First", Tema Utama Deklarasi Pengusaha Dan Pengemudi Truk Indonesia
15-03-2019
Dalam deklarasi ini akan melibatkan ratusan pengusaha Truck, stakeholder serta pengemudi angkutan barang, selain itu kami juga telah mengundang Pres ... selengkapnya

SOSIAL-BUDAYA


Warga Jakut akan Usulkan Penataan Transportasi ke Gubernur Dki Jakarta
18-03-2019
Perwakilan Dari " ALIANSI" Jakarta Utara Menggugat M.Rifai Alias Toche Mengatakan Warga Jakarta Utara yang tergabung dalam 21 organisasi massa dan ... selengkapnya

PENDIDIKAN


Tasyakuran Peresmian Penempatan Gedung Baru SDN SUNTER AGUNG 09 Tanjung Priok
05-02-2019
– SDN Sunter Agung 09 kini memiliki gedung setinggi empat lantai berlokasi di Jalan Sunter Permai Raya No. 21 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, ... selengkapnya

KESEHATAN


DIALOG PUBLIK RELAWAN KESEHATAN INDONESIA KOLEKTIF PIMPINAN DAERAH KOTA JAKARTA UTARA
24-03-2019
Dalam rangka meingkatkan pemahaman tentang kesehatan lebih baik bagi masyarakat Jakarta Utara khususnya diwilayah Kelurahan Koja yang berdampingan d ... selengkapnya


OLAH RAGA


FESTIVAL OLAH RAGA SEPANJANG TAHUN CABOR FUTSAL JAKARTA UTARA TAHUN 2019
23-03-2019
Setelah melalui tahapan dari mulai tingkat RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan, Pemerintah Kota Adminstrasi Jakarta Utara melalui Sudin Porda Jakarta Utara ... selengkapnya

TENAGA KERJA


RAT DAN PEMILIHAN KETUA KOPERASI KARYA SEJAHTERA TKBM TANJUNG PRIOK PERIODE 2019-2023
06-03-2019
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan kesejahteraan anggota Koperasi Sejahtera Tenaga Kerja Bongkar Muat (KS TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok Jaka ... selengkapnya

HIBURAN


Gila ! Durian Tasikmalaya Harganya 14 Juta Per Butir
27-01-2019
Durian J-Queen Rp 14 Juta Per Butir, Sehari Dipajang Sudah Laku 2 Butir, Penemunya Orang Tasikmalaya. Durian J-Queen seharga Rp 14 juta per butir ... selengkapnya
REDAKSI

Media Berita FAJAR METRO ON LINE (FMOL) (www.fajarmetro.com) Diterbitkan Oleh : PT MEGA SAMUDERA NUSANTARA SK KEMENHUKHAM : AHU-0031179 AH 01.09.Th 2011 Redaksi / Tata Usaha FAJAR METRO: Gedung Pola Sekretaris Negara Jl. Proklamasi N0. 56 Jakarta Pusat Tlp: 021-70085512, 021-71073207 e-mail : fajarmetronusantara@yahoo.com atau hubungi redaksi +6281213995008. Redaksi/Tata Usaha : Pemimpin Perusahaan: M. Z. Suat,SH, Pemimpin Redaksi: Yan Matulessy, Wakil Pemimpin Redaksi/Redaksi Pelaksana: M. Y. Panggabean, Dewan Redaksi : M. Yamin, Kodim Sofyan, Andi Sudarto, Andi Ahmad Jani, M. Fauzan, Lala Labora, Helmirza Rachim (Jabodetabek), Asep Setiawan, Deny, Kosasih, Ramdan, Irma Y (Jawa Barat), M. Aziz (Jawa Tengah), Arifin A. (Indonesia Tengah), Y. Matulessy, Sarman (Indonesia Timur), Irma Y.(Timur Tengah), Falahullah (Priangan Timur), Mahmud, Arta Wijaya, M. Ali, Ali Afghan; M. Kamel Achmad, Rizal Wadjo, M. Ali Umasangaji, Abd. Lasani Tafalas (Maluku Utara); Syarifudin (Bengkulu), Misdaryanto (Lampung), M. Fanio Mirza Djamil (Bogor), Muksin (Bekasi), M. Ali Turo (Jawa Barat)
Wartawan FAJAR METRO Dilengkapi dengan KTA dan Surat Tugas yang Masih Berlaku, Setiap Wartawan yang Bertugas Menjunjung Tinggi UU Pers No.40/1999 dan Kode Etik Jurnalistik serta Patuh Pada Peraturan dan Tata Tertib Administrasi Redaksi FAJAR METRO.

Penting ! Isi Berita Tanggung Jawab Penulis